Serah Terima Data Studi G&G Regional di Area Sumatera Tengah, Kalimantan Timur, Jawa-Bali, Sulawesi, dan Papua-Maluku kepada PT. Pertamina (Persero)

Pusat Survei Geologi menyelenggarakan acara Serah Terima Data Studi G&G Regional di Area Sumatera Tengah, Kalimantan Timur, Jawa-Bali, Sulawesi, dan Papua-Maluku kepada PT. Pertamina (Persero) pada hari Rabu tanggal 18 November 2020. Bertempat di kantor Pusat Survei Geologi, Gedung AF. Lasut VII acara dibuka oleh Plt. Kepala Pusat Survei Geologi, Antonius Ratdomopurbo dan turut dihadiri oleh Kepala Bidang Sumber Daya Minyak dan Gas Bumi (Migas), Kepala Sub Bidang Migas Konvensional, Kepala Sub Bidang Migas Non Konvensional, perwakilan Bidang Sumber Daya Minyak dan Gas Bumi, serta perwakilan dari pihak PT. Pertamina (Persero) yaitu Pjs. VP Exploration Evaluation PT. Pertamina (Persero).

*.*.jpg

Gambar 1. Penyerahan Data Studi G&G Regional antara Plt. Kepala Pusat Survei Geologi dengan Pjs. VP Exploration Evaluation PT. Pertamina (Persero).

 

Penyerahan data Studi G&G Regional ini dilakukan dalam rangka pelaksanaan Pemenuhan Komitmen Kerja Pasti (KKP) Jambi Merang di Wilayah Terbuka. Serah terima Data Studi G&G Regional ditanda tangani oleh Antonius Ratdomopurbo selaku Plt. Kepala Pusat Survei Geologi dan Anton Darmawan selaku Pjs. VP Exploration Evaluation PT. Pertamina (Persero).

Pusat Survei Geologi, Badan Geologi terus melakukan kegiatan survei umum hulu migas di cekungan-cekungan sedimen Indonesia, termasuk didalamnya kegiatan studi G&G regional Indonesia. Adapun Peta Cekungan Sedimen Indonesia 128 yang telah diperbarui dan diterbitkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral pada tahun 2020 diharapkan menjadi dasar untuk penelitian dan studi G&G oleh seluruh stakeholder industri migas di Indonesia kedepannya.

 

*.*.jpg

Gambar 2. Foto Bersama antara perwakilan Pusat Survei Geologi dan perwakilan PT. Pertamina (Persero)

 

PT. Pertamina (Persero) sedang melaksanakan Studi G&G Regional di Area Sumatera Tengah, Kalimantan Timur, Jawa-Bali, Sulawesi, dan Papua-Maluku dalam rangka pelaksanaan Pemenuhan Komitmen Kerja Pasti (KKP) Jambi Merang di Wilayah Terbuka. Adapun PT. Pertamina (Persero) memerlukan data-data terkait studi G&G regional di area Sumatera Tengah, Kalimantan Timur, Jawa-Bali, Sulawesi, dan Papua-Maluku yang telah dilakukan oleh Pusat Survei Geologi, Badan Geologi. Data-data tersebut meliputi:

  1. Data Geologi (Data Lapangan)
  2. Data Geokimia dan Rembesan Mikro
  3. Data Geofisika Seismik dan Non-Seismik
  4. Laporan Evaluasi/Pekerjaan

Salah satu tujuan permintaan data studi G&G regional kepada Pusat Survei Geologi, Badan Geologi ini adalah untuk mendukung pelaksanaan Studi G&G Regional di Area Sumatera Tengah, Kalimantan Timur, Jawa-Bali, Sulawesi, dan Papua-Maluku secara optimal, efektif, dan efisien. Disamping itu, dengan adanya kerjasama antara PT. Pertamina (Persero) dan Pusat Survei Geologi dalam rangka pelaksanaan Pemenuhan Komitmen Kerja Pasti (KKP) Jambi Merang di Wilayah Terbuka ini diharapkan dapat membuka wawasan dan penambahan data migas yang lebih banyak di Indonesia. Sehingga mendorong para investor untuk dapat menanamkan modalnya di industri migas Indonesia, yang pada akhirnya mengarah kepada pembangunan negara Indonesia demi menyongsong masa depan yang lebih baik.