Sosialisasi Petunjuk Teknis Pemetaan Geologi Skala 1:50.000

Pusat Survei Geologi sebagai walidata peta geologi menerbitkan buku petunjuk teknis pemetaan geologi skala 1:50.000 sebagai pedoman dalam pemetaan dan penyajian peta geologi skala 1:50.000 agar seragam. Petunjuk Teknis mengatur standar informasi dari 15 bagian peta, antara lain jenis dan ukuran huruf, penamaan dan penomoran lembar peta yang mengacu pada indeks dari Badan Informasi Geospasial (BIG), tata cara penamaan notasi satuan batuan serta simbol, standar warna dan umur satuan batuan.

 

*.*.jpg

Gambar 1. Standar Informasi bagian Peta.

 

Buku ini merupakan hasil revisi buku petunjuk teknis yang diterbitkan pada tahun 2016 setelah menerima masukan dari pemangku kepentingan (stakeholder). Revisi meliputi penyederhanaan isi serta penyempurnaan notasi satuan batuan dan standar warna yang digunakan dalam peta geologi skala 1:50.000. Petunjuk teknis disusun untuk menyeragamkan penyajian peta geologi yang dihasilkan oleh Pusat Survei Geologi, Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Petunjuk teknis dapat digunakan oleh para pemangku kepentingan (stakeholder) yang melakukan pemetaan geologi, mengingat banyaknya lembar peta geologi skala 1:50.000 yang masih perlu diselesaikan.

 

*.*.jpg

Gambar 2. Penyerahan Petunjuk Teknis ke Jurusan Teknik Geologi UPN Veteran.

 

Pusat Survei Geologi telah menyerahkan buku petunjuk teknis pemetaan geologi skala 1:50.000 kepada Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Diponegoro pada Rabu, 18 November 2020. Buku diserahkan oleh Ir. S.R. Sinung Baskoro MT kepada Dr. Ir. Sutarto (Dekan Fakultas Teknologi Mineral UPNY) dan Dr. Ir. Jatmiko Setiawan (Ketua Jurusan Teknik Geologi UPNY), Sonia Rijani, ST, MT kepada Dr. Vijaya Isnaniawardhani (Dekan Fakultas Teknik Geologi), serta Indra Sanjaya, M.Eng kepada Najib, ST, M.Eng, PhD (Ketua Program Studi Teknik Geologi UNDIP).

 

*.*.jpg

Gambar 3. Penyerahan Petunjuk Teknis ke Dekan FTG Universitas Padjadjaran.

 

Acara ini merupakan bagian dari inventarisasi kegiatan pemetaan geologi yang telah dilakukan oleh universitas yang memiliki jurusan/prodi teknik geologi. Pusat Survei Geologi mendapatkan informasi mengenai kegiatan pemetaan geologi yang telah dilakukan oleh perguruan tinggi serta berdiskusi untuk rencana pemetaan di masa mendatang. Kegiatan ini diharapkan akan dilaksanakan di Perguruan tinggi lainnya mengingat pentingnya informasi geologi dalam bentuk peta menuntut adanya percepatan untuk meningkatkan data dasar bagi pembangunan di Indonesia. Perguruan tinggi memiliki kegiatan pemetaan geologi yang dapat dioptimalkan untuk mencapai hal tersebut. Hasilnya dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah, swasta dan masyarakat sebagai dasar untuk pengelolaan sumberdaya geologi dan penataan ruang di wilayah pemetaan.

 

*.*.jpg

Gambar 4. Penyerahan Petunjuk Teknis ke Ketua Departemen Geologi UNDIP.