Pelatihan Awareness SNI ISO/IEC 17025:2017 di Lingkungan Pusat Survei Geologi

*.*.jpg


Dalam rangka meningkatkan mutu laboratorium Pusat Survei Geologi baik mutu pengujian maupun mutu pelayanan serta untuk menjaga tingkat kepercayaan pelanggan, maka laboratorium Pusat Survei Geologi dipandang perlu untuk menetapkan suatu standar manajemen laboratorium pengujian yang telah diakui baik secara nasional maupun internasional. Untuk itu, Laboratorium Pusat Survei Geologi telah mengikuti standar nasional SNI ISO/IEC 17025 tentang Persyaratan Umum Kompetensi Laboratorium Pengujian.

 

*.*.jpg



Pada tahun 2016, manajemen Laboratorium Pusat Survei Geologi telah tersertifikasi sesuai dengan standar SNI ISO/IEC 17025:2008 oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) yang berlaku hingga akhir tahun 2020. Dalam perjalanannya, Laboratorium Pusat Survei Geologi dituntut untuk selalu meningkatkan mutu pelayanan dan mengikuti dinamika perkembangan zaman. Oleh karena itu Laboratorium Pusat Survei Geologi memperbaharui standar laboratorium pengujian terbaru menjadi SNI ISO/IEC 17025:2017 pada tahun 2019. Menjelang berakhirnya status akreditasi, Laboratorium Pusat Survei Geologi dituntut untuk mempertahankan status akreditasi laboratorium melalui proses reakreditasi.

*.*.jpg



Proses rekreditasi laboratorium telah dilaksanakan pada tanggal 3 - 4 Agustus 2020 dan mendapatkan usulan perbaikan untuk kepentingan peningkatan pelayanan laboratorium selanjutnya. Salah satu usulan tersebut adalah perlunya pemahaman yang lebih mendalam dari manajemen laboratorium dalam mengelola sumberdaya manusianya.

*.*.jpg


Sebagai upaya untuk memenuhi tindakan perbaikan yang diusulkan, Pusat Survei Geologi melaksanakan Pelatihan Awareness SNI ISO/IEC 17025:2017 yang dilaksanakan secara online selama dua hari pada tanggal 13 – 14 Oktober 2020 oleh DISI Training Center yang diikuti personil pengelola sumberdaya di Pusat Survei Geologi.