Focus Group Discussion Usulan Penetapan Warisan Geologi Kabupaten Lebak

*.*.jpg

 

Pada hari Rabu, 10 Februari 2021 telah dilaksanakan kegiatan FGD (Focus Group Discussion) Penetapan Warisan Geologi Kabupaten Lebak bertempat di Aula Multatuli, Sekretariat Daerah Kabupaten Lebak, Rangkasbitung. Acara dilaksanakan secara online dan offline yang dihadiri oleh Bupati Lebak, perwakilan Sekretariat Daerah Kabupaten Lebak, perwakilan Bapelitbangda Kabupaten Lebak, perwakilan Dinas ESDM Provinsi Banten, Pusat Survei Geologi, dan Stakeholder terkait temasuk perwakilan dari masyarakat setempat. Sedikit menoleh ke belakang, Pemda Kabupaten Lebak telah mengirimkan surat usulan penetapan warisan geologi pada tanggal 31 Maret 2020, dan dari hasil verifikasi yang dilakukan oleh Pusat Survei Geologi, Kabupaten Lebak setidaknya memiliki 32 kandidat warisan geologi yang tersebar di wilayah Kabupaten Lebak. Warisan Geologi tersebut masih berkaitan erat dengan kerangka geologi Kubah Bayah yang sudah banyak dikenal di dunia penelitian ilmu kebumian.

FGD (Focus Group Discussion) merupakan salah satu tahapan menuju Penetapan Warisan Geologi Kabupaten Lebak. Penetapan situs warisan geologi ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam perencanaan tata ruang di daerah, sehingga tercipta keserasian antara pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan di Kabupaten Lebak,

Selain sebagai acuan tata ruang, warisan geologi juga diharapkan mampu mewujudkan pembangunan berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat berbasis konservasi, pendidikan dan pengembangan pariwisata melalui konsep geopark. (Sobat Geologi Indonesia mari kita dukung program-program pengembangan warisan geologi di Kabupaten Lebak baik yang telah disusun oleh pemerintah Daerah Lebak dan Kementerian ESDM melalui Badan Geologi).