Inventarisasi Pemetaan Geologi Skala 1:50.000 di Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Pakuan dan Institut Teknologi Nasional Yogyakarta

Kondisi geologi Indonesia menghasilkan konfigurasi tektonik dengan potensi sumber daya sekaligus ancaman yang harus dikelola agar pemanfaatannya dapat dilakukan secara tepat dan berguna bagi kesejahteraan rakyat. Informasi geologi dalam bentuk peta geologi dibutuhkan untuk data dasar bagi pembangunan di Indonesia. Pusat Survei Geologi sebagai walidata peta geologi melakukan roadshow untuk inventarisasi pemetaan geologi yang telah dilakukan oleh perguruan tinggi. Perguruan tinggi memiliki kegiatan pemetaan geologi yang dapat dimanfaatkan untuk akselerasi pemetaan geologi dengan melakukan kolaborasi. Kegiatan inventarisasi Pemetaan Geologi dilaksanakan melalui FGD dengan beberapa Perguruan Tinggi yang memiliki program studi/departemen/jurusan teknik geologi.

Pada tanggal 25 November 2020 dilakukan diskusi dengan jurusan teknik geologi Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), Universitas Pakuan (UNPAK) dan Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY). Tim Pusat Survei Geologi diterima oleh Adi Candra, ST, MT (Ketua Jurusan Teknik Geologi UNSOED), Ir. Solihin, MT (Ketua Prodi Teknik Geologi UNPAK) dan Dr. Hill Gendoet Hartono (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan ITNY). Selain diskusi luring, kegiatan roadshow juga dilaksanakan secara daring dengan Departemen Teknik Geologi UGM yang dibuka oleh Dr. Ir. Heru Hendrayana (Ketua Departemen Teknik Geologi UGM).

 

*.*.jpg

*.*.jpg

*.*.jpg

Gambar 1, 2, 3. Diskusi Inventarisasi Pemetaan Geologi di Jurusan Teknik Geologi ITNY, UNSOED dan UNPAK (atas – bawah)

 

*.*.jpg

Gambar 4. Rapat daring dengan Departemen Teknik Geologi UGM (23 November 2020)

 

Pusat Survei Geologi juga mensosialisasikan buku petunjuk teknis pemetaan geologi skala 1:50.000 sebagai pedoman dalam pemetaan dan penyajian peta geologi skala 1:50.000. Petunjuk teknis disusun untuk menyeragamkan penyajian peta geologi yang dihasilkan oleh Pusat Survei Geologi, Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Petunjuk teknis dapat digunakan oleh para pemangku kepentingan (stakeholder) yang melakukan pemetaan geologi skala 1:50.000.

*.*.jpg

Gambar 5. Penyerahan Petunjuk Teknis Pemetaan Geologi Skala 1:50.000 ke UNSOED, ITNY dan UNPAK

 

Pusat Survei Geologi mendapatkan informasi mengenai kegiatan pemetaan geologi yang telah dilakukan oleh perguruan tinggi serta berdiskusi untuk rencana pemetaan di masa mendatang. Kegiatan ini diharapkan akan dilaksanakan di Perguruan tinggi lainnya mengingat pentingnya informasi geologi dalam bentuk peta untuk meningkatkan data dasar bagi pembangunan di Indonesia.