KALIBRASI DAN UJI COBA PERALATAN GEOFISIKA

Pada tanggal 18 s.d 19 Februari 2020 telah dilaksanakan kalibrasi dan uji coba 2 (dua) peralatan Geofisika yang dimiliki oleh Pusat Survei Geologi. Kedua peralatan tersebut adalah mikrotremor (Geobit C100-SRI32L) dan Geolistrik ABEM SAS 1000. Kegiatan ini dilaksanakan di Kp. Cikeyeup Girang, Ds. Cilayung, Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang dan sekitarnya untuk mengetahui kondisi peralatan yang ada, apakah laik lapangan atau memerlukan perhatian khusus (perbaikan).

 

*.*.jpg

Gambar 1 Persiapan Kalibrasi dan Uji Coba Alat di Kantor Pusat Survei Geologi

Alat mikrotremor (Geobit C100-SRI32L) digunakan untuk mengetahui karakteristik geologi permukaan dengan cara memperoleh struktur kecepatan gelombang geser secara satu dimensi (1D) pada pusat titik ukur, dimana pengolahan data dalam survei ini menggunakan perangkat lunak Geopsy 2.2 dan DC Explorer dan perangkat lunak dari Geobit. Pengukuran mikrotremor jenis ini mensyaratkan lokasi yang luas dan terbuka seperti lapangan bola atau tanah tegalan yang kering.

 

*.*.jpg

Gambar 2 Kalibrasi dan Uji Coba Mikrotremor

Alat Geolistrik ABEM SAS 1000 merupakan salah satu alat dimana metoda geolistrik yang digunakan merupakan tahanan jenis sounding yang bertujuan untuk mempelajari variasi batuan di bawah permukaan bumi secara vertikal yang dapat dilakukan dengan mengubah-ubah jarak elektroda. Metoda geolistrik tahanan jenis merupakan salah satu metoda geofisika yang mempelajari sifat aliran listrik di dalam bumi dan bagaimana cara mendeteksinya di permukaan bumi. Metoda ini didasarkan pada pemikiran bahwa bumi bersifat elektris, sehingga persoalannya mencangkup tentang elektrisitas dari batuan dan mineral di dalam bumi yang memiliki sifat berbeda-beda dalam menghantarkan arus listrik yang disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu : kandungan mineral, elektrolit padat, dan air, serta perbedaan tekstur, porositas, permeabilitas, dan temperatur

 

*.*.jpg

Gambar 3 Foto bersama

Dengan dilakukannya kegiatan kalibrasi dan uji coba kedua alat tersebut dapat diketahui bahwa peralatan mikrotremor (Geobit C100-SRI32L) dan geolistrik ABEM SAS 1000 berada dalam kondisi baik dan layak dibawa dalam kegiatan Survei Lapangan.