Sosialisasi Ketatausahaan dan Kearsipan Menggunakan Aplikasi Nadine Versi 2 (dua) Di Lingkungan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral

Pada hari Senin 27 Januari 2020 bertempat di Aula Auditorium Badan Geologi Lt. 2, diadakan Sosialisasi Ketatausahaan dan Kearsipan Menggunakan Aplikasi Nadine Versi 2 di Lingkungan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Acara dihadiri oleh para Kepala Bagian, Kepala Sub Bagian yang membidangi Tata Usaha, Arsiparis dan staf terkait persuratan dinas di Lingkungan Badan Geologi. Dengan Narasumber dari Biro Umum dan Pusadatin Sekretariat Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

 

*.*.jpg

Gambar 1. Pembukaan acara sosialisasi

Untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya maka dikeluarkanlah Permenpan No. 5 Tahun 2018 tentang Pedoman Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, agar setiap instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah harus menggunakan aplikasi, dimana aplikasi terdiri atas aplikasi umum, dan aplikasi khusus. Setiap Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah harus menggunakan Aplikasi Umum. Sementara itu instansi pusat dan pemerintah daerah dapat melakukan pembangunan dan pengembangan aplikasi khusus, namun harus didasarkan pada arsitektur SPBE Instansi Pusat dan Arsitektur SPBE pemerintah daerah masing-masing.

Aplikasi Nadine 2 atau yang yang dapat disebut Aplikasi Naskah Dinas Elektronik merupakan aplikasi persuratan, Nadine 2 sebagai otomatisasi perkantoran akan diterapkan di seluruh Lingkungan Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral.

 

*.*.jpg

Gambar 2. Para peserta sosialisasi Nadine

Pengenalan Nadine dan tutorial penggunaannya disampaikan oleh Pusdatin Sekjen Kementerian ESDM, dimana disampaikan mengenai Petunjuk Awal login dan pembuatan Naskah Dinas (Role Konseptor), Petunjuk  Eselon 4 (Role Pemeriksa), Petunjuk Eselon 4 ( Role Pemeriksa Tolak Konsep),  Petunjuk Penandatanganan, serta Petunjuk Disposisi Surat, Petunjuk Rekam Surat (Role TU/Sekretaris).

Dengan diadakannya sosisalisasi ini, diharapkan dapat mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka, partisipatif, inovatif, dan akuntabel, meningkatkan kolaborasi antar instansi pemerintah dalam melaksanakan urusan dan tugas pemerintahan untuk mencapai tujuan bersama, meningkatkan kualitas dan jangkauan pelayanan publik kepada masyarakat luas, dan menekan tingkat penyalahgunaan kewenangan dalam bentuk kolusi, korupsi, dan nepotisme melalui penerapan sistem pengawasan dan pengaduan masyarakat berbasis elektronik.