Deklarasi dan Kongres ke-1 Pembentukan Organisasi Profesi Jabatan Fungsional Himpunan Penyelidik Bumi Indonesia (HIPBINDO)

Deklarasi dan Kongres ke-1

Pembentukan Organisasi Profesi Jabatan Fungsional

Himpunan Penyelidik Bumi Indonesia (HIPBINDO)

 

Pada hari Kamis 30 Januari 2020 bertempat di Aula Auditorium Badan Geologi Lt. 2, diadakan Deklarasi dan Kongres ke-1 Pembentukan Organisasi Profesi Jabatan Fungsional Himpunan Penyelidik Bumi Indonesia (HIPBINDO). Acara dihadiri oleh para pejabat yang ada di lingkungan Badan Geologi dan seluruh penyelidik bumi yang ada di Indonesia.

Acara dimulai dengan laporan yang disampaikan oleh Ketua HIPBINDO Formatur, lalu sambutan yang disampaikan oleh Koordinator Jabatan Fungsional Penyelidik Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Dr. Ir. Eko Budi Lelono dan dilanjutkan dengan sambutan sekaligus membuka Kongres oleh Sekretaris Badan Geologi Kementerian ESDM Dr. Drs. Antonius Ratdomopurbo.

 

*.*.jpg

Gambar 1. Koordinator Jabatan Fungsional Penyelidik Bumi

 

Dalam rangka pembentukan Organisasi Profesi Jabatan Fungsional Himpunan Penyelidik Bumi Indonesia (HIPBINDO) Badan Geologi, Kementerian ESDM selaku Pembina teknis Jabatan Fungsional Penyelidik Bumi akan melaksanakan Deklarasi dan Kongres Pertama HIPBINDO.

Organisasi Profesi Pejabat Fungsional merupakan wadah yang disepakati dan dibentuk oleh para pejabat fungsional serta difasilitasi oleh instansi pembinanya. Organisasi profesi jabatan fungsional merupakan organisasi yang beranggotakan para pejabat fungsional yang menetapkan dirinya sebagai profesi dan bergabung bersama untuk melaksanakan fungsi-fungsi sosial yang tidak dapat mereka laksanakan dalam kapasitasnya sebagai individu.

 

*.*.jpg

Gambar 2. Penetapan Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum HIPBINDO

Acara dilanjutkan dengan penetapan Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum HIPBINDO hasil pemungutan suara yang telah dilakukan sejak tanggal 20 hingga 30 Januari 2020 melalui aplikasi yang telah disebarkan ke seluruh pejabat fungsional Penyelidik Bumi se Indonesia. Hasil pemungutan suara menetapkan Denni Widhiyatna S.T., M.T sebagai Ketua Umum dan Drs. J.B. Yanuar H.S sebagai Wakil Ketua HIPBINDO terpilih untuk masa bakti Tahun 2020 sampai dengan 2023.

 

*.*.jpg

Gambar 3. Photo bersama dengan seluruh pejabat funsional penyelidik bumi

Dengan adanya HIPBINDO maka para pejabat fungsional penyelidik bumi dapat meningkatkan koordinasi dan kerjasama satu sama lain, mampu menciptakan sinergi yang baik dengan instansi pembinanya yaitu Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan hasil kegiatannya bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat Indonesia.