PENGARAHAN MENTERI ESDM KEPADA PARA PEGAWAI Di LINGKUNGAN BADAN GEOLOGI

Pada hari Jumat 3 Januari 2020 bertempat di Aula Auditorium Badan Geologi Lt. 2 Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif memberikan arahan kepada para pegawai di lingkungan Badan Geologi. Acara ini selain dihadiri oleh para pegawai di lingkungan Badan Geologi, juga dihadiri pula oleh Sekjen KESDM, Kaban Geologi, Sekretaris Badan Geologi, Kepala Biro ESDM, Kepala Biro Ortala, Kepala Biro KLIK dan para pejabat di lingkungan Badan Geologi. Acara dimulai dengan sambutan Kepala Badan Geologi, Rudi Suhendar dilanjutkan dengan arahan dari Menteri ESDM Arifin Tasrif.

 

*.*.jpg

Gambar 1. Arahan Menteri ESDM Arifin Tasrif

 

Dalam arahannya beliau menyebut, langkah menata sektor ESDM selama lima tahun ke depan dilandasi dengan mengusung prinsip kerja si "Cecep", Cepat Cermat Produktif.

beliau mengatakan, sebagai ujung tombak pelaksana pelayanan publik, sistem birokrasi yang panjang di institusi pemerintahan memang kerap menghambat pekerjaan. Untuk itu, dirinya menginstruksikan agar semua pekerjaan dijalankan secara cepat. Kecepatan ini mesti diimbangi dengan kecermatan yang tinggi.

Cermat inilah yang dimaksudkan dirinya agar supaya setiap pekerjaan sesuai dengan acuan dan terkontrol dengan baik. "Kadang-kadang terlalu cepat malah sembrono banyak kesalahan, maka harus diimbangi dengan kecermatan dengan acuan yang ada," tambahnya.

Prinsip kerja yang terakhir adalah produktif. Beliau mendorong setiap aturan pekerjaan sudah seharusnya dilakukan secara fleksibel sehingga tidak memberatkan para pelaksana tugas. "Kalau aturan-aturan itu membelenggu kita sendiri, tidak membuat kita kreatif dan inovatif segera kita ubah," kata beliau.

Melalui prinsip kerja 'Cecep', Beliau berharap setiap luaran (output) pekerjaan akan memberikan nilai tambah dan manfaat besar kepada masyarakat. "Jadikanlah Si 'Cecep' ini kendaraan untuk menuju lebih baik. Ini yang saya harapkan dari saudara-saudara yang ada di Kementerian ESDM," harapnya.

Terakhir beliau berpesan "saya minta program-program quick win yang bisa dihasilkan dalam waktu singkat. Jangka pendek dalam waktu 6 bulan, jangka menengah 2 tahun, jangka panjang tidak lebih dari 5 tahun. Saya harapkan program itu betul-betul realistis dan achivable dan memberikan nilai lebih dari sebelumnya. Mudah-mudahan dalam waktu singkat kita bisa melaksanakan.

 

 

*.*.jpg

Gambar 2. Foto bersama pegawai KESDM di Lingkungan Badan Geologi

 

Acara pengarahan ini di tutup dengan foto bersama dengan para pegawai dan di lanjutkan mengunjungi PVMBG, Perpustakaan PSG dan Museum Geologi. Semoga di awal tahun ini pegawai lingkungan Badan Geologi bisa menerapkan moto “cecep” agar lebih efektif dan cepat dalam berkerja.

*.*.jpg

Foto 3. Kunjungan Menteri ESDM ke Perpustakaan PSG