KOLOKIUM PUSAT SURVEI GEOLOGI DAN PENYAMPAIAN ATLAS HASIL SURVEI GEOLOGI DAN CALON IBU KOTA NEGARA

Pada hari Selasa tanggal 10 Desember 2018 bertempat di Auditorium Badan Geologi, Pusat Survei Geologi menyelenggarakan acara kolokium yang mengangkat tema “KOLOKIUM PUSAT SURVEI GEOLOGI DAN PENYAMPAIAN ATLAS HASIL SURVEI GEOLOGI DAN CALON IBU KOTA NEGARA”. Kegiatan ini merupakan bagian dari realisasi tugas dan fungsi Pusat Survei Geologi yaitu pelaksanaan penelitian dan penyelidikan serta penyebarluasan informasi kebumian ke masyarakat luas. Data dan informasi kebumian yang telah dihasilkan oleh Pusat Survei Geologi pada umumnya adalah data dasar untuk digunakan pada kegiatan yang sifatnya lebih hilir dalam menunjang pembangunan di bidang sumberdaya energi dan mineral, pengelolaan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan serta untuk tata ruang dan pengembangan wilayah yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga diisi dengan penyampaian atlas hasil survey geologi calon ibu kota negara baru oleh Kepala Badan Geologi, Ir. Rudy Suhendar, M.Sc kepada perwakilan Bappenas yaitu Ketua Tim Pelaksana Kajian Pemindahan Ibu Kota Negara Kementrian PPN/Bappenas, Dr. Ir. Imron Bulkin, MRP

Acara ini dibuka oleh Kepala Badan Geologi Ir. Rudi Suhendar, M.Sc dengan narasumber dari Kementerian Bappenas yang merupakan perwakilan dari stakeholder data dasar kebumian yang dihasilkan oleh Pusat Survei Geologi. Kegiatan kolokium ini dibagi menjadi beberapa sesi yang membahas mengenai penggunaan data dasar kebumian untuk menjawab isu terkini di bidang sumberdaya mineral dan energi, pengelolaan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan, serta tata ruang dan pengembangan wilayah.

Pada sesi pertama pembahasan mengangkat tema kebencanaan dengan judul “Hulu Hilir Potensi Kegempaan Jabodetabekpunjur” serta “Geologi Perbatasan Indonesia-Malaysia:. Pada sesi selanjutnya kegiatan ini mengangkat topik “Peran Geosains dalam Mendukung Pembangungan Berkelanjutan” dan “Perkembangan system ‘Geological Database of Indonesia’ dalam Upaya Menjamin Ketersediaan Data Dasar dan Informasi Kebumian”. Sesi terakhir mengangkat tema minyak dan gas bumi dengan judul presentasi yaitu “Prospek Migas di Singkawang Offshore” dan “Prospek Migas di Selabangka Offshore”.

Kegiatan kolokium Pusat Survei Geologi, Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral ini dihadiri oleh peserta yang merupakan pihak pengguna langsung data kebumian yang berasal dari instansi pemerintahan terkait, wirausaha di bidang kebumian, serta para pakar dan akademisi kebumian.

 

Unduh Bahan Presentasi (Geologi Indonesia) [1,9 MB]

Unduh Bahan Presentasi (Pemetaan Geologi Daerah Perbatasan) [7,1 MB]

Unduh Bahan Presentasi (Hulu - Hilir Potensi Kegempaan) [7,3 MB]

Unduh Bahan Presentasi (Peran Geosains Dalam Mendukung Pembangunan Berkelanjutan) [7,1 MB]

Unduh Bahan Presentasi (Penyiapan Rekomendasi WK Migas Selabangka) [7,1 MB]

Unduh Bahan Presentasi (Penyiapan Rekomendasi WK Migas Singkawang [3,3 MB]