Jurnal Sumber Daya Geologi, April 2011

Jurnal Sumber Daya Geologi, April 2011Pembaca yang budiman,


Puji dan syukur kami panjatkan kepada kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat-Nya bahwa Jurnal Sumber Daya Geologi edisi April 2011 bisa diterbitkan tepat pada waktunya. Lima makalah yang diterbitkan pada edisi ini terdiri atas tiga makalah “Geo-Sciences”, satu makalah “Geo-Dynamics” dan satu makalah “Geo-Hazards”.

Satu dari makalah dalam lingkup “Geo-Sciences” yang ditampilkan pada edisi ini membahas hasil penelitian tentang tektonostratigrafi Busur Banda Luar di Pulau Timor dan Seram. Makalah lain dalam lingkup ini yang mungkin cukup menarik untuk dibaca adalah keberadaan satuan batupasir konglomeratan dan batulanau di Desa Mulyasejati, Karawang dan satuan batupasir tufan dan konglomeratan di Desa Cilangkap, Purwakarta yang dikontrol oleh adanya perubahan iklim. Makalah “Geo-Sciences” ketiga membahas perkembangan cekungan antar-busur yang cukup rumit di daerah Majalengka Kabupaten Banyumas.

Pada edisi ini, redaksi juga menyajikan satu makalah “Geo-Dynamics” yang merupakan hasil penelitian mengenai pola dan genesa struktur geologi di Pegunungan Selatan yakni di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa
Tengah. Pola struktur daerah ini dapat dikelompokkan menjadi 3 pola utama yang memiliki mekanisme gerak yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Kondisi geologi Kuarter dan seismisitas daerah Eretan dan Losarang Kabupaten Indramayu ternyata sangat rentan akan potensi pelulukan. Penelitian terkait kondisi geologi kuarter dan potensi pelulukan yang ditulis dalam salahsatu makalah “Geo- Hazards” dalam edisi ini telah mendelineasi daerah Eretan dan Losarang menjadi
tiga zona yang rentan akan bahaya bencana pelulukan.

Semoga Jurnal edisi ini isinya dapat memenuhi mengikuti perkembangan penelitian terkini di kalangan ilmu kebumian, dan akhirnya redaksi berharap pembaca dapat memahami dan mengambil manfaat dari artikel-artikel ilmiah yang telah dimuat dalam jurnal edisi ini.


Salam,

Dewan Redaksi