PETA PATAHAN AKTIF INDONESIA

*.*.jpg

Indonesia adalah negara kepulauan yang terletak di dalam lingkup geotektonik tunjaman dan tumbukan antar lempeng tektonik aktif (samudera dengan benua). Kondisi tersebut mengakibatkan wilayah Indonesia rawan terhadap bencana dan risiko guncangan gempabumi dan letusan gunung api yang mengancam kelangsungan kehidupan dan pembangunan diatasnya. Gempa bumi di Indonesia juga dapat terjadi di sepanjang zona patahan aktif baik yang berada di daratan kepulauan maupun di dasar lautan.

Untuk meminimalisir dampak yang akan ditimbulkan oleh proses tektonik tersebut, Pusat Survei Geologi sebagai Walidata Patahan Aktif Indonesia sesuai dengan amanah Peraturan Presiden Nomor 23 Tahun 2021 dan Keputusan Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Nomor 27 Tahun 2019, menyusun Peta Patahan Aktif Indonesia. Peta ini disusun untuk memenuhi kebutuhan data dan informasi bencana gempa bumi bersumber dari patahan aktif, dalam bentuk Peta Patahan Aktif skala 1:5.000.000. Peta tersebut dapat dijadikan rujukan dalam menganalisis potensi bencana secara probabilistik dan deterministik, untuk menghitung potensi risiko gempa bumi yang akan terjadi oleh ahli teknik sipil dan perencanaan.

Sasaran dari Peta Patahan Aktif adalah memberikan gambaran yang bersifat komprehensif suatu gerakan tektonik masa kini. Pembuatan peta patahan aktif, membutuhkan pendekatan keragaman disiplin ilmu dan ketersediaan data geologi struktur, sejarah tektonik terakhir, sejarah gempa bumi merusak, kegempaan, geomorfologi, geodesi dan geofisika.

Peta Patahan Aktif menyediakan data dan informasi dasar yang dapat dipakai oleh ahli geologi, geofisika, serta ahli teknik sipil dan perencanaan untuk mengevaluasi asal usul sumber gempa bumi dan potensi bencana yang diakibatkannya. Peta patahan aktif Indonesia berskala 1 : 5.000.000 ini masih bersifat regional, yang menunjukan sebaran keberadaan patahan – patahan aktif. Peta ini merupakan informasi bersifat umum mengenai keberadaan patahan aktif dan potensial aktif untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana gempa bumi khususnya gempa bumi patahan aktif.

Untuk mendownload peta, silakan klik link berikut:

 

https://bit.ly/DownloadPetaPatahanAktif