PEMETAAN GEOLOGI SKALA 1:50.000 DAN PELAYANAN PETA BAGI PUBLIK

 

Pusat Survei Geologi, Badan Geologi, Kementerian ESDM kembali melaksanakan kegiatan Geoseminar pada hari Rabu tanggal 19 Agustus 2020 dengan tema “Pemetaan Geologi Skala 1:50.000 dan Pelayanan Peta bagi Publik” yang menghadirkan 2 narasumber, yaitu Akbar Cita, S.T., M.Sc. dan Indra Sanjaya, S.T., M.Eng.. Geoseminar yang dimoderatori oleh Ir. S. R. Sinung Baskoro, M.T. selaku Kepala Bidang Pemetaan di Pusat Survei Geologi ini diikuti oleh lebih dari 300 peserta yang berpartisipasi melalui aplikasi Webinar Zoom.

 

Layanan Peta Geomap di Pusat Survei Geologi

Narasumber pertama adalah Akbar Cita, S.T., M.Sc yang juga sebagai Kepala Subbidang Pemetaan Sistematik di Pusat Survei Geologi, beliau menyampaikan mengenai pelayanan peta-peta yang telah diterbitkan oleh Pusat Survei Geologi untuk dimanfaatkan oleh publik. Pusat Survei Geologi merupakan institusi pemerintah yang selain melaksanakan tugas pemetaan geologi, namun juga memberikan pelayanan kepada publik berupa penyediaan peta-peta geologi dan geofisika. Pelayanan peta di Pusat Survei Geologi pada awalnya dapat diakses di perpustakaan Pusat Survei Geologi secara manual, namun dengan meningkatnya kebutuhan akan peta, Pusat Survei Geologi memberikan kemudahan dengan menggunakan layanan website Geomap yang diluncurkan pada tahun 2016.

 

*.*.jpg

 

Peta yang tersedia pada saat Geomap pertama kali diluncurkan adalah Peta Geologi Interpretasi Inderaja Skala 1:50.000, Peta Geologi Inderaja Skala 1:50.000, Peta Geologi Skala 1:50.000, Peta Geomorfologi, Peta Geologi Kuarter, Peta Seismotektonik. Pusat Survei Geologi terus memperbaiki pelayanan Peta kepada publik, dimana pada tahun 2020 dengan menambahkan ketersediaan peta geofisika di Papua, yaitu Peta Airborne Magnetik Skala 1:100.000, Peta Potassium Skala 1:100.000, Peta Kesamaan Uranium Skala 1:100.000 dan Peta Kesamaan Thorium Skala 1:100.000.

Akbar Cita, S.T., M.Sc menyampaikan bahwa secara statistik pemanfaatan peta-peta Pusat Survei Geologi pada saat ini digunakan oleh instansi pemerintah sebanyak 42%, Universitas/Mahasiswa 38% dan instansi swasta/perusahaan 20%. Selain tersedia di Geomap, peta-peta geologi di Pusat Survei Geologi juga menjadi bagian dari Kebijakan Satu Peta (KSP), selain walidata peta geologi di KSP, Pusat Survei Geologi juga menjadi walidata peta patahan aktif pada tahun 2019. Peta-peta geologi terutama informasi mengenai geologi struktur, geologi litologi dan cekungan sedimen juga masuk kedalam ESDM One Map : geoportal.esdm.go.id yang diresmikan pada tahun 2017.

Pelayanan peta di Geomap dilakukan via email dan tidak dipungut biaya, pemohon peta dapat mengakses Geomap pada link https://psg.bgl.esdm.go.id/geomap. Pemohon peta cek ketersediaan peta dan pilih peta indeks mana yang dibutuhkan pada website Geomap, selanjutnya kirim email beserta surat pengajuan permintaan peta ke This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it . Surat permintaan akan diproses oleh admin Geomap dan akan dikirim melalui email dalam format file jpeg. Pemohon peta dapat mengunduh peta dan mengirim surat tanda terima via email.

 

Standarisasi Penyusunan dan Penyajian Peta Geologi Skala 1:50.000

Narasumber kedua adalah Indra Sanjaya, S.T., M.Eng. yang membawakan materi berjudul “Standarisasi Penyusunan dan Penyajian Peta Geologi Skala 1:50.000 khususnya di Pusat Survei Geologi”. Kerangka pemaparan materi terbagi atas pendahuluan, perekaman data geologi, penyajian peta geologi, dan penutup. Seperti yang kita ketahui bahwa peta geologi adalah bentuk ungkapan data dan informasi geologi suatu daerah/wilayah/kawasan dengan tingkat kualitas berdasarkan skala. Semakin besar skala yang digunakan, maka akan semakin akurat data yang disajikan dalam peta geologi. Peta geologi yang diterbitkan oleh Pusat Survei Geologi telah digunakan dalam berbagai bidang ilmu kebumian. Contohnya, untuk eksplorasi energi dan sumberdaya mineral, kebencanaan, penataan ruang dan wilayah, serta penelitian keilmuan lainnya. Dikarenakan penggunaan peta geologi dilakukan oleh banyak pihak, maka perlu dibuat ketentuan yang mengatur perencanaan, pelaksanaan, dan penyajian peta geologi tersebut agar kualitas tetap terjaga.

Peta geologi bersistem atau peta geologi sistematik adalah peta geologi yang menyajikan data dasar geologi dengan nama dan nomor lembarnya mengacu pada indeks peta RBI. Sedangkan peta geologi skala 1:50.000 bersistem berjumlah 47 lembar yang telah diinterpretasi dari tahun 2016 hingga sekarang. Petunjuk teknis (juknis) peta geologi 1:50.000 berisi antara lain pendahuluan, tahapan kegiatan pemetaan geologi skala 1:50.000 (pra lapangan, perekaman data lapangan, analisis laboratorium dan penyusunan peta), penyajian peta, serta penelaahan dan penerbitan peta. Prinsip dalam penyajian peta geologi adalah menampilkan informasi geologi sesuai skalanya, tetapi terdapat keterbatasan ruang untuk menampilkan semua informasi. Sehingga perlu dilakukan pemilahan informasi terlebih dahulu agar peta geologi lebih informatif dan efisien. Acuan penyusunan dan penyajian peta geologi skala 1:50.000 dilakukan mengikuti Standar Nasional Indonesia (SNI 13-4691-1998) tentang Penyusunan Peta Geologi, (SNI 19-6502.3-2000) tentang Spesifikasi Teknis Peta Rupa Bumi Skala 1:50.000, (SNI 6502.3:2010) tentang Spesifikasi Penyajian Peta Rupa Bumi Skala 1:50.000, FGDC Document Number FGDC-STD-013-2006, dan Dokumen Metode Uji Laboratorium Pusat Survei Geologi.

 

*.*.jpg

 

Terdapat 15 unsur penyusun peta dimana setiap unsurnya memiliki tata letak dan ketentuan yang telah diatur. Unsur-unsur penyusun peta tersebut antara lain isi peta, instansi penerbit, judul peta, korelasi satuan peta, keterangan satuan batuan, legenda, riwayat pembuatan, skala, glosari, penampang geologi, citra, peta indeks, ringkasan eksekutif dan stratigrafi terukur, deklinasi magnetik, dan penelaah peta. Adapun unsur “isi peta” memiliki ketentuan bahwa dasar peta adalah peta kontur atau citra satelit, informasi geospasial dasar, dan peta geologi yang berisi informasi geologi yang terpetakan pada skala 1:50.000. Peta geologi yang diterbitkan oleh Pusat Survei Geologi berupa peta geologi digital berbasis GIS yang sebelumnya dilakukan penelaahan oleh para ahli Pusat Survei Geologi di bidangnya.

 

Materi Pembicara Pertama

Materi Pembicara Kedua

 

Klik pada tulisan ini untuk download sertifikat

atau copy dan paste link berikut pada browser anda

http://bit.ly/Geoseminar19Aug2020