Petrografi di Pusat Survei Geologi

Presenter : Ir. Sigit Maryanto, M.Si

Moderator : Aries Kusworo, S.T.,M.T

Pusat Survei Geologi kembali melaksanakan kegiatan Geoseminar pada tanggal 19 Mei 2020 dengan tema Petrografi yang disampaikan oleh peneliti utama Pusat Survei Geologi Ir. Sigit Maryanto,M.Si. Kegiatan Geoseminar kali ini berbeda dengan sebelumnya, yaitu dilaksanakan dengan media webinar Zoom. Pemanfaatan media webinar Zoom dikarenakan untuk menghindari terjadinya penyebaran virus Covid-19 akibat pengumpulan orang dalam jumlah besar. Namun hal ini tidak mengubah antusias peserta, terbukti Geoseminar yang dimoderatori oleh Aries Kusworo,S.T.,M.T. Kasubid Geologi Dasar dan Terapan, diikuti oleh 217 peserta dari berbagai instansi pemerintah, swasta dan juga Universitas.

 

*.*.jpg

 

*.*.jpg

 

Presentasi petrogafi yang disampaikan oleh Ir. Sigit Maryanto,M.Si bisa dikatakan sebagai penyegaran kembali kepada para geologist dan juga sebagai pengenalan kepada para mahasiswa geologi mengenai analisis petrografi. Petrografi sendiri merupakan cabang ilmu dari geologi yang membahas mengenai deskripsi batuan seperti kandungan mineral dan hubungan tekstur dalam batuan secara rinci. Untuk dapat melakukan deskripsi batuan secara rinci, petrografer memerlukan bantuan alat mikroskop. Mikroskop yang dimiliki oleh Pusat Survei Geologi adalah mikroskop jenis polarisasi, binokuler, refraksi, kilau katode dan inklusi fluida.

Pengujian petrografi pada batuan bertujuan untuk identifikasi mineral penyusun, petrogenesis, diagenesis, alterasi dan mineral bijih. Pengujian petrografi juga dapat dilakukan pada butiran untuk mengidentifikasi mineral dalam batuan yang bersifat lepas dan juga pada batubara untuk mengidentifikasi maseral dan nilai reflektan vitrit. Pusat survei geologi juga memiliki fasilitas pengujian inklusi fluida untuk menentukan suhu penguapan dan pembekuan inklusi fluida yang berguna untuk kajian geothermal.

Analisis batuan rinci menggunakan pengujian petrografi, akurasi penelitiannya dapat diperkuat dengan pengujian minegrafi seperti SEM-EDS, XRD dan ASD. Analisis mikroskrop elektron (scanning electron micrroscoope with energy dispersive spectrometer) dari butir individu mineral digunakan di laboratorium petrografi modern. Butiran mineral individu juga dapat dianalisis dengan X-ray diffractometer (XRD) ketika sarana optik tidak mencukupi. Analisis analitycal spectral devices (ASD) digunakan dengan mengukur spektrum yang dipantulkan oleh batuan, selanjutnya memberikan petunjuk mengenai jenis mineral, khususnya mineral lempung serta beberapa karbonat dan zeolit.

Dalam pemaparan materinya, Ir.Sigit Maryanto,M.Si juga menampilkan berbagai contoh hasil dan interpretasi pengujian petrografi dan minegrafi. Salah satu contohnya analisis petrografi batuan granitik daerah Bangka Belitung dan batuan granit Hornblande dari pegunungan Cycloop, dimana dari analisis petrografi dapat membedakan jenis batuan terobosan dalam dengan tipe I dan tipe S.

Diakhir sesi pemaparannya, Ir. Sigit Maryanto, M.Si menyampaikan bahwa Pusat Survei Geologi selalu terbuka untuk para geologist dan mahasiswa geologi yang ingin belajar lebih detail atau studi bersama berkaitan dengan analisis petrografi dan minegrafi di Laboratorium Pusat Survei Geologi.

Unduh Bahan Presentasi [7.2 MB]

 

Unduh Sertifikat Geoseminar