PETROGENESIS BATUAN VOLKANIK DORE SORONG, PAPUA BARAT

Geoseminar Pusat Survei Geologi yang diadakan pada tanggal 24 Agustus 2018 mengangkat tema Petrogenesis Batuan Volkanik Dore Sorong, Papua Barat dengan pembicara Rum Yuniarni, S.T., M.T dari Pusat Survei Geologi. Acara ini dimoderatori oleh Prof. Ris. Bhakti Hamonangan Harahap, M.Sc dari Pusat Survei Geologi. Kegiatan Geoseminar dihadiri sebanyak 101 peserta yang meliputi pada pejabat fungsional di lingkungan Badan Geologi dan juga mahasiswa/i dari berbagai perguruan tinggi.

 

2018-08-24_geoseminar_Rum Yuniarni.jpg

Gambar 1. Pemateri Geoseminar Rum Yuniarni, S.T., M.T.

Dalam kegiatan Geoseminar kali ini, pembicara membahas bagaimana batuan volkanik terbentuk dan korelasinya dengan kondisi geologi di daerah Dore, Sorong, Papua Barat. Dalam seminar ini disampaikan bahwa batuan terdiri dari lava basalt-piroksen dan lava andesit dalam kondisi cukup segar. Dalam pengamatan petrografi, hampir semua batuan ini memperlihatkan tekstur hasil pencampuran magma (magma mixing) berupa sieve dan glomeroporfiritik piroksen/plagioklas, kecuali beberapa sampel andesit yang tidak menunjukkan gejala tersebut.

Dari metode yang digunakan seperti petrografi, dan analisis geokimia, dapat disimpulkan bahwa batuan volkanik di daerah Dore merupakan bagian dari Busur Volkanik Caroline yang terbentuk karena subduksi ke utara antar bagian kerak samudera Pasifik. Perubahan pergerakan lempeng dan perubahan arah subduksi menjadi menunjam ke selatan, serta adanya pergeseran mengiri besar melalui Sesar Sorong memberikan kemungkinan pembentukan cekungan tarikan (pull-apart basin), menghasilkan magma basalt toleitik berkarakter BABB yang kemudian bercampur dengan magma asal dari subduksi sebelumnya. Pergerakan selanjutnya ke selatan semakin mendekatkan subduksi pada lempeng kontinen Australia, yang kontribusi karakter kimianya memberikan komposisi magma andesit yang kalk-alkali. Sebagian magma andesit ini mencampuri sisa magma basaltik BABB yang terbentuk sebelumnya.

Pemaparan dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab oleh peserta geoseminar yang berlangsung sangat interaktif.

 

2018-08-24_geoseminar_Rum Yuniarni2.jpg

Gambar 2. Suasana selama kegiatan geoseminar berlangsung

 

 

2018-08-24_geoseminar_Rum Yuniarni3.jpg2

Gambar 3. Sesi tanya jawab

Editor: Akbar Cita

Diunggah oleh: Cipto Handoko (Humas PSG)