Akuisisi Data Seismik 2 D Laut Arafura Bagian Selatan, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua

Survei umum merupakan suatu kegiatan operasional minyak dan gas bumi yang memiliki tujuan untuk memperoleh informasi geologi dan geofisika suatu cekungan secara komprehensif dengan hasil akhir diharapkan agar dapat ditemukan cadangan minyak baru. Survei umum selama ini dilakukan dengan menggunakan beberapa metodologi geofisika seperti survei seismik, gaya berat dan lain-lain. Guna mendukung pencapaian tujuan tersebut perlu diadakan beberapa kegiatan survei umum dengan harapan dapat memberikan gambaran potensi geologi suatu daerah/area yang akan dilelangkan sebagai Wilayah Kerja baru. Kegiatan pengambilan dan pengumpulan serta pengolahan data seismik akan memberikan informasi yang mutakhir, lebih akurat dan dapat dipercaya sehingga pembukaan daerah Wilayah Kerja baru dapat dilaksanakan secara berkelanjutan tiap tahun dan dapat menurunkan tingkat resiko investasi yang akan dilakukan oleh para pelaku pada industry migas nasional.

Pembukaan Wilayah Kerja Baru memerlukan data dan informasi yang akurat mengenai kondisi geofisika dan geologi daerah tersebut. Namun pada kenyataannya khususnya untuk wilayah tengah dan timur Indonesia ketersedian data geofisika dan geologi dirasakan masih sangat kurang. Melalui kegiatan pengambilan dan pengumpulan serta pengolahan data seismik 2D di Laut Arafura bagian Selatan, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua sepanjang  1600 line km diharapkan dapat memberikan informasi baru dan akurat sehingga informasi yang disampaikan kepada para calon investor tentang daerah tersebut dapat memberikan deskripsi potensi migas yang sesungguhnya. Dengan demikian proses pembukaan Wilayah Kerja baru dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan berkesinambungan serta menghasilkan calon Wilayah Kerja yang menarik minat investor.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, pada tanggal 18-19 Maret 2017, tim dari Pusat Survei Geologi, Badan Geologi, Kementerian ESDM melakukan kunjungan ke Pelabuhan Yos Sudarso di kota Ambon tempat Kapal Nordic Bahari bersandar guna melakukan pengecekan langsung terhadap kesiapan dalam kegiatan akuisisi data yang akan dilaksanakan. Kapal laut Nordic Bahari merupakan kapal dari perusahaan PT. Bahari Line Indonesia yang merupakan pemenang lelang/tender pekerjaan pengambilan dan pengumpulan serta pengolahan data seismik untuk area tersebut.
Tim dari Pusat Survei Geologi yang dipimpin langsung oleh Kepala Pusat Survei Geologi: Dr.Ir. Mhd. Wafid A.N. M.Sc. yang di dampingi oleh Kepala Bidang Sumber Daya Migas : Edy Slameto, ST., MT., M.Sc. dan juga Ari Kusniadi ST. MT. selaku Pejabat Pembuat Komitment serta perwakilan dari Tim Panitia Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP) Pusat Survei Geologi melakukan pengecekan langsung terhadap Kapal Nordic Bahari yang meliputi spesifikasi peralatan serta rencana target penelitian. Pekerjaan seismic ini memerlukan watu pelaksanakan kurang lebih 4 bulan kedepan yang meliputi pekerjaan pengambilan dan pengumpulan serta pengolahan data seismik 2D di Laut Arafura bagian Selatan, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua sepanjang  1600 line km. Daerah tersebut termasuk dalam lembar Peta Lingkungan Laut Nasional (LLN) no. 44 (1992). Lintasan pengambilan data direncanakan sebanyak 7 (tujuh) lintasan.  Jumlah dan posisi lintasan sangat mungkin untuk dilakukan perubahan menyesuaikan kondisi faktual di lapangan dimana faktor keselamatan pelayaran menjadi prioritas utama dalam operasi kegiatan akuisisi data seismik 2D, namun secara keseluruhan jumlah lintasan total yang akan diakuisisi tetap berjumlah 1600 line km.

Screen Shot 2017-03-22 at 10.19.59

Screen Shot 2017-03-22 at 10.21.35

 

Dalam kunjungan tersebut Tim dari Pusat Survei Geologi mendapat penjelasan langsung dari para tenaga ahli yang berasal dari Inggris dan Jerman berkaitan dengan pelaksanaan pekerjaan akuisisi seismik tersebut.

Screen Shot 2017-03-22 at 10.22.08

Screen Shot 2017-03-22 at 10.22.28

Screen Shot 2017-03-22 at 10.22.44

Screen Shot 2017-03-22 at 10.23.15

Screen Shot 2017-03-22 at 10.24.06

Screen Shot 2017-03-22 at 10.23.35

Pada kesempatan tersebut Tim Pusat Survei Geologi juga mengikut sertakan dua orang tenaga ahli dalam kegiatan tersebut, satu orang dari Pusat Survei Geologi dan satu orang dari Pusat Penelitian dan Pengembanagan Geologi Kelautan, yang bertindak sebagai Pengawas Pekerjaan.

Adapun hasil dari kegiatan akuisisi seismik ini nantinya diharapkan dapat membantu program Pemerintah dalam rangka meningkatkan penemuan wilayah berpotensi mengandung minyak dan gas bumi serta mendorong peningkatan investasi pada sub sektor migas. Selain itu juga diharapkan dapat memperoleh informasi geosains di daerah Laut Arafura bagian Selatan, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, serta gambaran potensi migas dan kondisi geologi regional sehingga diharapkan dapat mengurangi resiko eksplorasi.

Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan ketersediaan data dengan akurasi yang baik pada cekungan-cekungan di Kawasan Timur Indonesia sehigga dapat mendukung dan mempercepat rencana pembukaan Wilayah Kerja baru yang bernilai jual tinggi dan mampu meningkatkan jumlah cadangan minyak dan gas bumi nasional di masa yang akan datang.


Diunggah oleh: Bonny Wanda Nugraha