Kuliah Umum Pemetaan Geologi Di Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran

Pada tanggal 17 Mei 2017, Pusat Survei Geologi (PSG) yang diwakili oleh Bidang Pemetaan mengadakan kuliah umum mengenai pemetaan geologi di Gedung Akademik Lantai 3, Universitas Padjajaran. Kegiatan kuliah umum dipimpin oleh Kepala Bidang Pemetaan PSG, Ir. S. R. Sinung Baskoro, MT., dan disambut oleh Ir. Ismawan, MT., dan Dr. Ir. Iyan Haryanto, MT., beserta staf akademik Fakultas Teknik Geologi, Universitas Padjajaran.

Materi kuliah umum disampaikan oleh Akbar Cita, ST. M.Sc., dan Fitriani Agustin, ST. M.Sc. Materi yang disampaikan meliputi proses bisnis pemetaan geologi, produk peta yang dihasilkan oleh PSG, serta pelayanan peta yang bisa dimanfaatkan oleh publik. Pada pemaparan teknis, mahasiswa mendapatkan materi mengenai pemanfaatan citra inderaan jauh untuk pemetaan geologi, antara lain untuk menentukan batas litologi, kenampakan morfologi dan struktur geologi.


Pemateri dari Pusat Survei Geologi, Akbar Cita, ST. M.Sc., (kiri) dan Fitriani Agustin, ST. M.Sc.,  (kanan)  (Foto Oleh: Dian Novita)


Peserta yang hadir dalam kuliah umum berjumlah 120 mahasiswa semester 4 Teknik Geologi, yang pada akhir semester akan mengikuti kegiatan pelatihan pemetaan mandiri. Para peserta kuliah sangat interaktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan. Beberapa pertanyaan diajukan berkaitan dengan cara interpretasi menggunakan citra inderaan jauh dan pemanfaatan Peta Geologi Inderaan Jauh Skala 1:50.000 yang telah di luncurkan oleh Pusat Survei Geologi.


Sesi Kuliah Umum dan Antusiasme Mahasiswa Selama Sesi Tanya Jawab dengan Pemateri (Foto Oleh: Dian Novita)


Para mahasiswa dan staf akademik yang hadir, mendapatkan penjelasan mengenai prosedur pengajuan permintaan peta yang telah diterbitkan oleh PSG untuk mendukung kegiatan akademik di Fakultas Teknik Geologi, Universitas Padjadjaran. Kuliah umum ini merupakan salah satu bentuk pelayanan PSG sebagai walidata Peta Geologi di Indonesia. Kegiatan ini diharapkan dapat berlanjut di masa mendatang dan melibatkan lebih banyak stakeholder lainnya untuk mendapatkan masukan guna meningkatkan kualitas peta geologi yang telah ada.


Editor: Akbar Cita
Diunggah oleh: Gita Dwijayanti