Presentasi GPX Surveys Pty Ltd Australia & PT Intan Angkasa Air Service, di Pusat Survei Geologi

Pada tanggal 10 Agustus 2016, Pusat Survei Geologi memberikan kesempatan kepada GPX Surveys Pty Ltd dan PT. Intan Angkasa Air Service untuk melakukan presentasi hasil pekerjaan Airborne Magnetik dan Radiometri Blok Jayapura Selatan tahun 2016. GPX Surveys Pty Ltd dan PT. Intan Angkasa Air Service merupakan Perusahaan Service Internasional yang berfokus pada pengumpulan, pengolahan, dan interpretasi data penginderaan jauh Airborne.

Perwakilan GPX Surveys Pty Ltd dan PT. Intan Angkasa Air Service diterima oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Pejabat Pembuat Komitmen dan Kepala Tim kelompok kerja Airborne mewakili Kepala Pusat Survei Geologi. Kedatangan perusahaan ini bertujuan untuk mempresentasikan tahapan pekerjaan dan hasil kegiatan yang dilakukan pihak GPX Surveys Pty Ltd dan PT. Intan Angkasa Air Service bekerja sama dengan kelompok keja Airborne Pusat Survei Geologi dalam Survei Airborne Magnetik dan Radiometri Resolusi Tinggi di Blok Jayapura Selatan, Papua.

Tahapan pekerjaan yang dilakukan antara lain pengambilan data menggunakan alat-alat survei magnetik serta unsur radiometri antara lain : Geometric G-822A Magnetometer, Fluxgate Vector Magnetometer, Radar Altimeter, Vaisala Humidity or Temperature Sensor & Barometer Pressure Sensor, DGPS Receiver, dan Gamma Spectrometer menggunakan helikopter sebagai sarana yang membawa alat survei.

Dari survei yang dilakukan tersebut didapatkan data mentah yang kemudian diolah sedemikian rupa menjadi “located data” yang menunjukkan nomor lintasan, jam, Julian Date, posisi (longitude dan latitude atau easting dan northing), tinggi terbang, barometer, nilai magnetik, radiometri di wilayah survei. Kemudian dari data-data tersebut dilakukan pembuatan peta yang ditampilkan sebagai citra yang menggambarkan anomali magnetik dan sebaran unsur radiometri yang meliputi unsur Uranium, Potasium, dan Thorium di wilayah Blok Jayapura Selatan, Papua.



 

Editor: Budi Setyanta, Harry Parulian Siagian, Jufri Nasution
Diunggah oleh: Gita Dwijayanti