Atlas Geokimia Jawa Bagian Barat

Atlas-Geokimia Pusat Survei Geologi

Proyek pemetaan geokimia regional dilaksanakan oleh Pusat Survei Geologi (PSG), Badan Geologi, Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral pada tahun 2011-2014 di wilayah Jawa dan Kalimantan. Pemetaan dilakukan secara bersistem berdasarkan indeks peta geologi dan peta rupa bumi indonesia skala 1:100.000. Sebelumnya pelaksanaan pemetaan geokimia dilakukan oleh Direktorat Sumber Daya Mineral (sekarang Pusat Sumber Daya Geologi/PSDG). Dari tahun 1975 S.d 2005 yang meliputi Pulau Sumatra, Pulau Sulawesi, Nusa Tenggara Timur dan Kalimantan Timur Bagian Utara (gambar 1).

Pemetaan-Geokimia-Badan-Geologi-KESDM

Gambar 1. Hasil Kegiatan Pemetaan Geokimia yang dilakukan oleh Geologi Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral


Pemetaan geokimia dilakukan dengan mengumpulkan sampel endapan sungai (stream sediment) ukuran 80# dengan kerapatan 1 satu sampel per 25 km2. Selama kegiatan pemetaan geokimia dari tahun 2011 sampai dengan 2013 di wilayah Jawa dan Kalimantan telah terhimpun sebanyak 6.745 sampel endapan sungai dari sembilan puluh (90) lembar peta kerja skala 1:100.000. Pengambilan sampel tersebut melibatkan mahasiswa geologi dan dosen dari UNPAD, ITB, UGM, UPN “Veteran” dan IST “AKPRIND”. Sedangkan analisis sampel dilakukan dengan metode XRF (X-Ray Fluoresence) di Laboratorium Geologi PSG.

Metode XRF dapat menganalisa unsur utama, unsur jejak, dan unsur tanah jarang yang di sajikan dalam satuan ppm (part per milion). Jumlah unsur kimia yang tersaji dalam atlas ini sebanyak tiga puluh (30) unsur antara lain unsur Ag, Al, As,Ba, Ca, Ce, Cl, Co, Cr, Cu, Fe, Hg, K,La, Mg, Mn, Mo,Na,Ni, P, Pb, Rb, Sc, Si, Sr, Te, Ti, V, Zn, dan Zr.

Penolahan data sehingga menjadi geokimia dengan nilai yang telah diinterpolasi menjadi peta sebaran unsur dilakukan daengan menggunakan perangkat lunak Geosoft Oasis Montaj 7 dan ArcGis 10.1. Data geokimia yang digambarkan dalam bentuk peta geokimia ini sangat berguna untuk studi lanjutan energi dan sumber daya mineral serta lingkungan hidup.

Sebaran-Unsur-Tembaga

Sampel Halaman: Peta Geo Kimia sebaran unsur tembaga