Akreditasi Laboratorium Pusat Survei Geologi

SNI ISO/IEC 17025:2008 ini adalah suatu standar manajemen mutu pelayanan dari suatu laboratorium penguji untuk menjamin kompetensi dan kemampuan laboratorium untuk menghasilkan data yang dapat diterima oleh dunia perdagangan dan pelaku Industri di seluruh dunia tanpa ada keraguan. Jaminan tersebut dilakukan dengan melakukan penilaian On-the-spot dari laboratorium oleh tenaga ahli di bidang SNI-ISO/IEC 17025:2008 untuk laboratorium penguji dan kalibrasi di bawah pengawasan Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Dalam rangka peningkatan manajemen mutu laboratorium terkait kualitas hasil dan pelayanan. Saat ini Laboratorium Pusat Survei Geologi telah mendapatkan Sertifikat Akreditasi SNI ISO/IEC 17025:2008 sebagai Laboratorium Penguji pada tanggal 27 Desember 2016. Sertifikat tersebut terdaftar di Komite Akreditasi Nasional dengan nomor akreditasi Laboratorium LP-1076-IDN. Ruang lingkup pengujian yang telah diakreditasi adalah Laboratorium Uji Kimia dengan lingkup pengujian AAS (Atomic Absorption Spectroscopy) pada parameter Ag, Cu, Pb dan Zn. Pengakuan tersebut didapat setelah lingkup pengujian AAS melewati serangkaian proses asesmen oleh asesor yang telah diakui oleh KAN pada tanggal 18-19 Agustus 2016. Proses asesmen tersebut diikuti oleh kesanggupan untuk memperbaiki semua temuan asesor dalam waktu 100 hari.


Sertifikat Akreditasi Laboratorium Pusat Survei Geologi


Selanjutnya akan dilakukan secara bertahap rencana penambahan ruang lingkup akreditasi diantaranya Laboratorium Uji Petrologi dan Mineralogi yaitu Lingkup Pengujian XRD dan SEM serta Laboratorium Uji Kimia Lingkup Pengujian ICP-MS dan XRF secara berurutan.



Diunggah oleh: Gita Dwijayanti