Workshop dan Pelatihan Analisis Petrografi

Peningkatan kapasitas sumberdaya manusia diharapkan akan dapat mendorong percepatan pencapaian target kinerja Pusat Survei Geologi. Sehubungan dengan tujuan tersebut maka pada tanggal 14-16 Juni 2016 telah dilaksanakan serangkaian workshop mengenai Analisis Petrografi yang dilaksanakan di Laboratorium Pusat Survei Geologi. Kegiatan ini terdiri dari wokshop petrografi batuan sedimen serta petrografi batuan beku dan batuan vulkanik yang meliputi kegiatan pendalaman teori analisis serta praktek identifikasi dan analisis batuan secara mikroskopis. Materi analisis petrografi batuan sedimen disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Rachmat Heriyanto S.,M.Sc., di Laboratorium Petrografi Pusat Survei Geologi. Sedangkan materi analisis petrografi batuan beku dan batuan vulkanik disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Sutikno Bronto. Workshop ini diikuti oleh para pegawai muda di Pusat Survei Geologi, terutama pegawai yang baru bergabung dengan Pusat Survei Geologi di tahun 2014 dan 2015.

Petrografi adalah ilmu yang harus dikuasai oleh setiap ahli geologi, ilmu ini sangat bermanfaat dalam berbagai aspek terkait analisis geologi. Fenomena megaskopis yang dijumpai di lapangan sering meninggalkan pertanyaan-pertanyaan ataupun keraguan, untuk itu maka perlu dilakukan pengujian laboratorium melalui pengamatan visual mikroskopis yang dapat menjelaskan dan membuktikan hipotesis penelitian. Peralatan analisis yang cukup aktual di Laboratorium Pusat Survei Geologi perlu dioptimalkan pemanfaatannya dengan dukungan keahlian dan pengetahuan dari para ahli.


Penjelasan Materi Teori oleh Prof. Dr. Ir. Rachmat Heriyanto S.,M.Sc., dalam Wokshop Analisis Petrografi Sedimen


Workshop ini juga sekaligus merupakan upaya untuk menjembatani transfer of knowledge dari ahli geologi senior kepada para ahli geologi muda di Pusat Survei Geologi. Hal ini tentunya sangat perlu dilakukan mengingat bahwa para ahli geologi senior di Pusat Survei Geologi banyak yang akan memasuki masa purna bhakti.


Wokshop Analisis Petrografi Batuan Sedimen Mengunakan Mikroskop Polarisasi di Laboratorium Pusat Survei Geologi

Penjelasan Materi Teori oleh Prof. Dr. Ir. Sutikno Bronto dalam Wokshop Analisis Petrografi Batuan Beku dan Batuan Vulkanik


Dari hasil workshop selama 3 (tiga) hari ini para peserta sudah mampu melakukan deskripsi, penamaan batuan, serta mampu melakukan analisis karakteristik dan genesa batuan dalam kaitannya aspek-aspek geologi lain seperti petrologi, sedimentasi, tektonika, kegunungapian, maupun keberadaan sumberdaya mineral dan energi.

 

Editor: Akbar Cita
Diunggah oleh: Gita Dwijayanti