Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Antara Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran dan Pusat Survei Geologi, Badan Geologi KESDM

Pada hari Senin 24 Juni 2019 bertempat di Ruang Rapat Pusat Survei Geologi Gedung A.F Lasut VII Lantai 2 Jl. Diponegoro No. 57 Bandung, telah diselenggarakan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran dengan Pusat Survei Geologi, Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Dalam hal ini yang bertindak untuk dan atas nama Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran adalah Dr. Ir. Vijaya Isnaniawardhani, MT. Dekan Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran, selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA, sedangkan yang bertindak untuk dan atas nama Pusat Survei Geologi adalah Dr. Ir. Eko Budi Lelono, Kepala Pusat Survei Geogi, selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.

Perjanjian kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas Penelitian, Penyelidikan, Kajian dan Publikasi Ilmiah di bidang Pemetaan, Geosains serta Sumber Daya Minyak dan Gas Bumi bagi kedua pihak.

Pusat Survei Geologi, sebagai walidata peta geologi, memiliki tugas untuk mengkoordinir dan mengelola Informasi Geospasial Tematik (IGT) kegeologian. Sedangkan Fakultas Teknik Geologi, sebagai institusi pendidikan, memiliki banyak data kegeologian hasil dari kegiatan akademik. Melalui Perjanjian Kerjasama ini diharapkan terjadi pertukaran informasi dan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan studi dan kompetensi sumber daya manusia kedua pihak. Kolaborasi yang baik diharapkan akan menghasilkan produk publikasi berupa peta geologi atau informasi berbasis geospasial yang detail dan akurat.

Semoga kerjasama ini dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi publik, khususnya pemangku kepentingan (stakeholder) bidang kegeologian. Hal ini senada dengan apa yang dikatakan Dekan Fakultas Geologi Universitas Padjadjaran, Dr. Ir. Vijaya Isnaniawardhani, MT. dengan kerjasama ini diharapkan dapat mengabungkan data yang dimiliki baik data dari Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran maupun data yang ada dari Pusat Survei Geologi, Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, sehingga menghasilkan data yang lebih terinci, detail dan akurat baik berupa Peta Geologi, data digital maupun data hardcopy yang berguna bagi masyarakat yang membutuhkannya.

 

Penulis : Yaya Mulyana, Humas PSG

 

*.*.jpg

 

*.*.jpg