Jurnal Geologi dan Sumberdaya Mineral Vol. 16 No. 1 Februari 2015

JGSM-Februari-2015Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas rahmat dan hidayah-Nya maka diawal tahun 2015 ini Jurnal Geologi dan Sumberdaya Mineral kembali hadir menemani pembaca untuk memberikan informasi mengenai perkembangan penelitian di dunia kegeologian di Indonesia.

Para Pembaca yang budiman,

Penelitian geologi dirasakan semakin diperlukan dari masa ke masa. Di tengah isu krisis energi dan mineral di dunia yang semakin ramai, tuntutan kepada para ahli untuk menemukan sumber daya baru juga semakin besar. Untuk itu dalam edisi ini Jurnal Geologi dan Sumber Daya Mineral menyajikan beberapa informasi mengenai hasil penelitian dalam upaya pencarian sumber daya mineral maupun minyak dan gas bumi.

Salah satu artikel yang mungkin menarik untuk dibaca dalam artikel ini adalah mengenai analisis prospek Carbon Capture and Storage (CCS) daerah Cekungan Luwuk-Banggai. Analisis ini bisa dipandang menarik untuk diaplikasikan dalam upaya peningkatan produksi minyak dan gas bumi di cekungan ini. Dalam artikel yang lain yang membahas cekungan Luwuk-Banggai, para peneliti juga sudah merekomendasikan beberapa titik bor untuk Lapangan Tiaka dan Senoro. Identifikasi mengenai sistem minyak dan gas bumi di Cekungan Timor juga sangat menarik untuk memberikan pandangan baru mengenai batuan induk, batuan reservoir dan perangkap hidrokarbon.

Pembaca yang Budiman,

Tidak hanya untuk minyak dan gas bumi, eksplorasi mineral juga masih terus berjalan. Salahsatu hasil penelitian prospeksi mineral di Pulau Flores mengindikasikan adanya potensi mineral yang berasal dari proses epithermal, porfiri, skarn dan bahkan volcanogenic massive sulphide. Temuan ini sangat menarik untuk ditindaklnjuti dengan penelitian yang lebih rinci.

Akhirnya redaksi menyampaikan selamat membaca dan semoga pembaca dapat mengambil manfaat dari penerbitan publikasi ini dan semoga penerbitan ini juga semakin menarik minat pembaca untuk memberikan kontribusi makalah untuk diterbitkan dalam Jurnal Geologi dan Sumberdaya Mineral. Selamat bertemu lagi dalam terbitan di edisi berikutnya.

Salam Dewan Redaksi

 


Daftar Artikel

 

Jurnal Geologi dan Sumberdaya Mineral Vol 16, No. 1 Februari 2015 edisi lengkap dapat dibaca secara online.