Geologi Pegunungan Selatan Bagian Timur

geologi_pegunungan_selatan_timur-2012

Publikasi Khusus
ISBN: 978-979-551-033-8

Kabupaten Bantul, Gunung Kidul, Klaten, dan Wonogiri

Geologi Pegunungan Selatan Bagian Timur

Ketua Dewan Redaksi: Prof. Dr. Ir. Udi Hartono (Geologi Ekonomi-Petrologi)

Ketua Dewan Penerbit: Ir. Ipranta, M.Sc.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Badan Geologi
Pusat Survei Geologi
2012

Puji syukur alhamdulillah kami ucapkan kepada Allah SWT atas berhasil terkumpulnya dan diterbitkannya berbagai makalah yang menyajikan kondisi geologi di daerah Pegunungan Selatan bagian timur, di kabupaten Bantul, dan Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kabupaten Klaten, dan Wonogiri, Jawa Tengah. Kumpulan makalah ini diambil dari berbagai sumber, baik yang telah diterbitkan dalam berbagai jurnal nasional maupun dari beberapa seminar/lokakarya, terutama Pertemuan Ilmiah Tahunan Ikatan Ahli Geologi Indonesia.

Pegunungan Selatan bagian timur merupakan daerah yang dipakai sebagai daerah ajang penelitian dan yang tidak kalah pentingnya daerah ini juga dipakai sebagai kerja praktek lapangan mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu kebumian. Kampus lapangan telah didirikan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) 30 tahun lalu. Untuk mengenang salah satu perintis pengembangan ilmu kebumian Indonesia, kampus tersebut diberinama Kampus Lapangan Prof, Soeroso Notohadiprawiro. Kini kampus itu kini dikelola oleh Jurusan Teknik Geologi, Fakultas Teknik, UGM.
Maksud penerbitan kumpulan makalah ini untuk menyambut ulang tahun ke 30 kampus lapangan dengan tujuan memberikan informasi kondisi geologi daerah tersebut di atas secara rinci dari hasil penelitian para pakar geologi.
Akhirul kata kami mengucapkan banyak terima kasih kepada berbagai fihak yang telah membantu mengumpulkan makalah yang kami sajikan dalam buku ini.

Desember 2012.

Dewan Redaksi

bebas-korupsi-banner 
airborne geophysics Digital Geology Library Pusat Survei Geologi 

Agenda

NOEVENTS