Tasmanides In Queensland: Implications For A Northwest Continuation Of The Active Gondwana Margin Into Eastern Indonesia

Perkembangan ilmu geosains sudah sangat pesat dalam mengungkapkan kondisi geologi dan tektonik dari pemisahan Benua Gondwana menjadi kepingan-kepingan benua yang banyak tersebar di Benua Australia dan Bagian Timur dari Kepulauan Indonesia. Pusat Survei Geologi mengadakan Geoseminar pada tanggal 13 Februari 2018 dengan judul Tasmanides in Queensland: implications for a northwest continuation of The Active Gondwana Margin into Eastern Indonesia dengan pembicara Christopher Lloyd Fergusson, School of Earth Environmental Sciences, University of Wollongong NSW, Australia.

2018-02-13_geoseminar_christopher_lloyd_fergusson

Pembicara membahas mengenai korelasi antara kondisi geologi di bagian Baratlaut dan Timurlaut Australia dengan Bagian Timur dari Kepulauan Indonesia. Dalam seminar ini disampaikan bahwa busur orogenik yang berumur Paleozoikum hingga Mesozoikum yang berada di bagian Timur Benua Australia ternyata mempunyai korelasi dengan busur orogenik hingga ke bagian Kepala Burung Papua Barat sehingga disimpulkan bahwa batuan-batuan yang terdapat pada di bagian Timur Benua Australia mempunyai kemiripan dengan batuan-batuan yang ada di Pulau Papua.

Metode yang digunakan untuk melakukan analisis ini yaitu dengan metode pemetaan lapangan dan dilakukan pentaksiran umur menggunakan isotope Detrital Zircon pada sekuen turbidit, vulkaniklastik, yang diperkirakan memiliki mineral graptolit.

2018-02-12_geoseminar_surono_martosuwito

Penambahan data pendukung seperti analisis geokimia, analisis geologi struktur, analisis petroleum system (apabila berkaitan dengan eksplorasi migas) akan menghasilkan konsep Gondwana System yang komprehensif demi perkembangan ilmu geologi dalam mengungkapkan kondisi geologi di Benua Purba Gondwana. Pemaparan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta geoseminar yang berlangsung secara interaktif.

 

Editor: Akbar Cita

Diunggah oleh: Bonny W. Nugraha

Foto: Tim HUMAS