Geoseminar: Operasi Akusisi Data Seismik



Geoseminar dengan topik operasi akuisisi data seismik ini disampaikan oleh Firman Frediantoro sebagai pembicara. Seminar kali ini agak berbeda dengan seminar-seminar sebelumnya, dimana pada seminar ini banyak disampaikan mengenai tahapan dan metode yang digunakan dalam survei seismik darat.

Pada dasarnya konsep seismik adalah mengambil data gelombang dari bawah permukaan dengan meledakkan sumber getaran yang akan direkam dengan receiver di permukaan dimana gelombang yang dihasilkan mencerminkan beda cepat rambat gelombang di tiap interval batuan. Konsep ini menggunakan Hukum Snellius.

Tahapan survei meliputi pra-survei dan tahap operasi survei seismik. Pada tahapan pra-survei meliputi perencanaan dan desain survei dan perizinan dan sosialisasi. Adapun tahap operasi survei seismik meliputi tahap topografi, rintis dan tangga-tangga, pemboran lubang seismik sekitar paling dalam 30 meter, pengisian lubang seismik, perekaman data, dan diakhiri dengan pemrosesan data. Pada tahap operasi survei seismik ini terlihat melibatkan banyak alat dan kerjasama personal dari berbagai disiplin ilmu seperti geodesi untuk positioning, seismologis, juru ledak, dan lain sebagainya. Sehingga survei seismik ini termasuk survei yang cukup berat karena dilakukan dengan membawa peralatan yang banyak dan harus bisa dilakukan di berbagai medan agar data yang dihasilkan sesuai dengan perencanaan line survey. Adapun pada tahap terakhir yaitu pemrosesan data merupakan proses yang banyak dilakukan secara computerized dengan menggunakan software seperti PROMAX untuk proses data seismik dan GMG untuk koreksi statik. Pada tahap terakhir ini banyak dilakukan oleh tim geofisika.


Dengan melibatkan sumberdaya manusia dari berbagai disiplin ilmu diharapkan masing-masing proses bisa dilakukan dengan tepat dan para stakeholder bisa mendapatkan data seismik bawah permukaan yang akurat.

Baca (pdf): Materi Geoseminar Operasi Akusisi Data Seismik oleh Firman Frediantoro

Unduh (pdf): Materi Geoseminar Operasi Akusisi Data Seismik oleh Firman Frediantoro

 

Editor: R. Isnu H. Sulistyawan
Diunggah oleh: Gita Dwijayanti