Geoseminar: Geokimia Komplek Ophiolit Di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara

Pemaparan Materi Geoseminar oleh Ronaldo Irzon, ST., MT. (Foto oleh: Cipto Handoko)

Pada tanggal 5 Mei 2017 telah diselenggarakan Geoseminar di Pusat Survei Geologi yang membahas mengenai karakteristik kimiawi pada batuan ophiolit yang ada di daerah Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Topik geoseminar ini dipaparkan oleh Ronaldo Irzon, ST., MT., yang merupakan salah satu penyelidik bumi di Pusat Survei Geologi. Selain dihadiri oleh para ahli di lingkungan Pusat Survei Geologi, seminar ini juga dihadiri oleh para ahli geologi yang tertarik pada topik ini dan juga para mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi.

Dalam kesempatan ini disampaikan bahwa dari hasil pengamatan lapangan dan pengujian laboratorium dengan menggunakan analisis kimia batuan dan juga petrografi. Karakteristik batuan ophiolit di daerah Konawe Utara berdasarkan analisis terhadap sampel yang diambil dari lapangan menunjukkan bahwa secara kimia batuan ini memiliki kelimpahan SiO2, MgO, dan Fe2O3T yang relatif tinggi dan termasuk dalam afinitas batuan yang mungkin berasal dari lingkungan tholeitik. Kandungan kadar rata-rata Ni, Mn, Cr, dan Co pada batuan di wilayah ini juga menunjukkan kecenderungan kandungan yang cukup tinggi yaitu masing-masing 2.675, 1.074, 2.386, dan 117 ppm secara berurutan. Batuan telah mengalami pengayaan unsur high field strength elements meskipun dengan kadar unsur tanah jarang yang rendah, berkisar dari 2,11 hingga 7,10 ppm.



Secara fisik berdasarkan pengamatan megaskopis batuan ophiolit di daerah Konawe Utara teridentifikasi sebagai batuan ultramafik berwarna kelabu hingga hitam, berukuran butir sedang hingga halus, dan mengandung piroksen maupun olivine. Sedangkan secara mikroskopis diketahui juga bahwa batuan wilayah ini yang diwakili oleh batuan terpilih dapat dibagi menjadi tiga kelompok: olivine-hornblende pyroxenite, lherzolite, and olivine websterite.

Semoga seminar ini dapat menjadi wahana komunikasi para ahli geologi dan menambah wawasan dan pengetahuan mengenai kegeologian.

Materi yang disampaikan dapat dibaca pada link berikut: Materi Geoseminar Ronaldo Irzon, ST., MT., 5 Mei 2017

 

Editor: R. Isnu H. Sulistyawan
Diunggah oleh: Gita Dwijayanti