Potensi Migas Umur Mesozoikum di Lengan Timur Sulawesi

Presentasi ini menyambung dari materi yang telah dibawakan oleh Dr. Joko Wahyudiono pada Geoseminar Pusat Survei Geologi, tanggal 1 Maret 2019 sesi 1. Adapun presentasi ini lebih dikhususkan pada potensi migas pada umur lebih tua di Lengan Timur Sulawesi. Untuk membahas hal ini, maka Pusat Survei Geologi menghadirkan pembicara dari Bidang Minyak dan Gas Bumi, Achmad Fahruddin, S.T. Beliau pada seminar ini lebih membahas tentang kondisi geokimia pada batuan di Lengan Timur Sulawesi.

Latar belakang penelitian ini menurut Achmad dikarenakan area ini mempunyai cadangan migas yang cukup prospek. Hal ini bisa terlihat dari terdapatnya lapangan migas di cekungan Banggai dan Tomori, bahkan sudah ada perusahaan yang berproduksi disana, salah satunya JOB Pertamina – Medco.

Namun lapisan yang ditargetkan masih seputar batuan sedimen berumur Kenozoikum. Sedangkan lapisan yang lebih tua, yaitu Mesozoikum, juga menyimpan potensi terdapatnya hidrokarbon. Salah satu pembuktiannya yaitu dari analisis geokimia TOC dan Rock Eval Pyrolisis (REP). Untuk materi lebih jelas nya dapat dilihat dari Abstrak yang telah ditulis beliau.

 

Dipaparkan oleh : Achmad Fahruddin, S.T.