Visitasi Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur Esdm Bersama Peserta Diklat Teknis Pelaksana I Angkatan 1 Dan 2 Di Pusat Survei Geologi

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyelenggarakan Diklat Teknis Pelaksana sesuai dengan Permen ESDM Nomor 34 Tahun 2016. Diklat Teknis Pelaksana diselenggarakan guna memberikan pengetahuan dan keterampilan yang bersifat substantif untuk memberikan kompetensi teknis kepada PNS di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

PPSDMA bersama peserta Diklat Teknis Pelaksana I Angkatan 1 dan 2 melakukan visitasi ke beberapa unit di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Visitasi dilakukan sebagai sarana pembelajaran peserta Diklat Teknis Pelaksana untuk mempelajari langsung Tugas dan Fungsi dari beberapa unit yang ada di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Visitasi pada tanggal 16 Maret 2017 dilakukan di Pusat Survei Geologi yang diterima oleh Kepala Subbidang Pemetaan Sistematik, Akbar Cita S.T., M.Sc.


Suasana Visitasi PPSDMA bersama peserta Diklat Teknis Pelaksana I Angkatan 1 dan 2 di Pusat Survei Geologi (Foto: Cipto Handoko)


Dalam visitasi di Pusat Survei Geologi, peserta Diklat Teknis Pelaksana I mendapatkan informasi mengenai proses bisnis Pusat Survei Geologi dalam pembuatan Peta Geologi untuk menunjang kegiatan bidang energi dan sumber daya mineral, khususnya pada pemanfaatan di rekomendasi wilayah kerja minyak dan gas bumi.

Para peserta diklat juga menerima informasi mengenai pelayanan peta untuk publik di Pusat Survei Geologi dan pemanfaatan Peta Geologi sebagai salah satu data dasar pembangunan nasional, sesuai dengan Perpres Nomor 9 Tahun 2016. Kebijakan ini dikenal dengan Kebijakan Satu Peta (KSP), dimana Pusat Survei Geologi merupakan walidata Peta Geologi di Indonesia. Melalui KSP, Peta/Informasi Geospasial Tematik di Indonesia akan mengacu pada satu referensi geospasial, satu standar, satu basis data dan satu geoportal, sehingga dapat mengurangi tumpang tindih pemanfaatan ruang dan penggunaan lahan.


Editor: Akbar Cita
Diunggah oleh: Gita Dwijayanti