Sosialisasi Rekam Kinerja Harian Pusat Survei Geologi

Pada tanggal 28 Februari 2017, Pusat Survei Geologi melaksanakan sosialisasi terkait Rekam Kinerja Harian (RKH) di Auditorium Badan Geologi. Sosialisasi ini dihadiri oleh seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pusat Survei Geologi dengan narasumber dari Biro Sumber Daya Manusia, Sekretariat Jenderal, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, yaitu Amelinda Dewi Ratna, S.E. dan Fajar Airlangga, S.E.

RKH adalah sistem pengendali kinerja berbasis web yang menggambarkan keselarasan (alignment) dan interkoneksi target kinerja (cascading) di setiap level organisasi, serta proses pengumpulan data (rekam) capaian kinerja dalam kurun waktu tertentu. Sistem ini dibuat untuk menggantikan sistem pengendalian kerja pegawai ESDM yang masih berbasis kertas (paper based) dan mekanisme perhitungan besaran tunjangan kinerja bulanan berdasarkan kehadiran pegawai yang belum menggambarkan kinerja pegawai sesungguhnya.


Suasana Sosialisasi Rekam Kinerja Harian Pusat Survei Geologi (Foto oleh: Donny Hermana dan Cipto Handoko)


Diharapkan dengan adanya RKH akan menjamin keadilan (fairness) di dalam pembayaran tunjangan kinerja bulanan bagi setiap pegawai dan dapat dijadikan sebagai salah satu input/tool yang kuat dalam melakukan analisis beban kerja. Selain itu, pegawai juga dapat menjadi lebih kreatif dalam melakukan kinerjanya (performance based on creativity, not based on command) dan dapat langsung dinilai oleh atasannya karena adanya rekaman kinerja pegawai real time.


Diunggah oleh: Gita Dwijayanti