Kunjungan Autoridade Nacional Do Petroleo E Minerals (anpm), Timor Leste Di Pusat Survei Geologi

Pada tanggal 22 April 2016 Pusat Survei Geologi (PSG) menerima kunjungan delegasi dari Autoridade Nacional Do Petroleo E Minerals (ANPM), Timor Leste. ANPM merupakan lembaga publik yang bertanggung jawab untuk mengelola dan mengatur aktivitas pertambangan dan perminyakan di wilayah Timor Leste, baik off-shore maupun on-shore. ANPM juga menetapkan dan mengawasi pelaksanaan Undang-Undang yang mengatur tentang eksplorasi, produksi, transportasi, dan distribusi minya, gas alam, dan mineral.

Delegasi ANPM diterima oleh Kepala Subbidang Sistem Informasi, Akbar Cita, S.T., MSc., dan Kepala Subbidang Pelayanan Informasi, Asep Kurnia Permana, S.T., M.Sc. Tujuan dari kunjungan tersebut antara lain untuk mengetahui alur pengelolaan informasi di PSG, informasi apa saja yang boleh diketahui oleh publik serta kegiatan pemetaan dan penelitian geologi yang dilakukan oleh Pusat Survei Geologi.

Dalam kunjungan tersebut, delegasi ANPM mendapatkan informasi mengenai alur pengelolaan informasi di PSG. Data lapangan dikumpulkan oleh para pejabat fungsional yang melakukan kegiatan lapangan. Setelah diolah, data yang akan dipublikasikan diserahkan ke Bidang Informasi kemudian ditelaah oleh dewan redaksi sebelum dipublikasikan dan dimanfaatkan oleh publik.

Selain itu, disampaikan pula informasi mengenai kegiatan yang dilakukan oleh PSG, terutama yang berkaitan dengan Pemetaan dan Survei Hulu Migas. PSG hanya bertugas untuk melakukan penelitian dan survei di sektor hulu saja. Hasil penelitian dan survei tersebut kemudian dijadikan suatu rekomendasi yang akan digunakan sebagai bahan pertimbangan oleh Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi dalam membuat kebijakan.


Kunjungan Autoridade Nacional Do Petroleo E Minerals (ANPM), Timor Leste di Pusat Survei Geologi


Suasana diskusi delegasi ANPM dan PSG



Editor: Akbar Cita
Diunggah oleh: Gita Dwijayanti