Kunjungan dan Pelatihan CCOP Geoinformation Sharing Infrastructure for East and Southeast Asia (GSi) di Pusat Survei Geologi

Indonesia merupakan salah satu negara anggota dari Coordinating Committee for Geoscience Programmes in East and Southeast Asia (CCOP). Salah satu kegiatannya adalah Geoinformation Sharing Infrastructure for East and Southeast Asia (GSi) yang bertujuan untuk mengembangkan integrasi geoinformasi dengan menggunakan standar internasional dan software open source diantara negara-negara anggota CCOP.

Dalam upaya mempersiapkan kegiatan GSi CCOP tahun 2016, Badan Geologi menerima kunjungan dan pelatihan dari Dr. Shinji Takarada sebagai GSi Project Leader dan Dr. Joel Calupas Bandibas yang berasal dari Geological Survey of Japan (GSJ), National Institute of Advanced Industrial Science and Technology (AIST) pada tanggal 29 Februari-3 Maret 2016. Pusat Survei Geologi menjadi tuan rumah pelatihan pada tanggal 2 Maret 2016 yang dibuka oleh Kepala Pusat Survei Geologi, Dr. Ir. Muhammad Wafid A.N., M.Sc.


Kepala Pusat Survei Geologi Memberikan Cinderamata Kepada Instruktur Pelatihan GSi, Dr. Joel Calupas Bandibas (Foto oleh: Akbar Cita)


Kegiatan pelatihan diikuti oleh pengelola informasi dari lingkungan Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Materi yang diberikan adalah penggunaan GSi Information System dan dasar pembuatan aplikasi WebGIS di perangkat mobile. Program GSi diharapkan mulai dibuka sebagian pada akhir tahun 2016 dan dibuka secara resmi pada tahun 2018.


Suasana Pelatihan GSi di Pusat Survei Geologi (Foto oleh: Joko Parwata)



Editor: Akbar Cita
Diunggah oleh: Gita Dwijayanti