Kolokium Pusat Survei Geologi 2015

Pusat Survei Geologi mempunyai tugas untuk melaksanakan penelitian, penyelidikan dan pelayanan di bidang survei geologi dan sudah banyak kegiatan pemetaan maupun penelitian geosains yang telah dilaksanakan. Untuk mensosialisasikan hasil kegiatan penelitian kepada masyarakat maupun stakeholder yang berkaitan dengan sektor ESDM, maka Pusat Survei Geologi, Badan Geologi melaksanakan kegiatan Kolokium Pusat Survei Geologi Tahun 2015, dengan tema “Peran Informasi Kebumian Dalam Mendukung Percepatan Pembangunan Sektor Energi dan Sumber Data Mineral Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat” yang berlangsung pada tanggal 10 s.d. 11 Desember 2015 di Jakarta. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat Survei Geologi, Ir. Agung Pribadi, M.Sc., mewakili Kepala Badan Geologi. Acara ini dihadiri oleh peserta yang terdiri dari perwakilan internal Kementerian ESDM, Pemda terkait di daerah penelitian, Universitas, perusahaan migas, perusahan tambang, organisasi profesi dan stakeholder.

Suasana Kolokium Pusat Survei Geologi Tahun 2015 (Foto oleh: Tim Panitia Kolokium)

Materi yang dipaparkan yaitu meliputi: Geologi Lembar Kandangan, Kalimantan Selatan oleh Ir. Sidarto, M.Si; Seismotektonik, Patahan Sumatera dan Mikrozonasi Mikrotremor Daerah Solok - Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat oleh Ir.Kamawan; Geological Fieldcheck Of Tanjungkarang Sheet, Lampung oleh M. Luthfi F. ST; Pemetaan Anomali Bouguer Lembar Tanjung Karang, Lampung Skala 1:100.000 oleh Noor Muhammad Indragiri, ST. MT; Geomorfologi Lembar Sribhawono Lampung oleh Ir. Suharsono; Kajian Geodiversity dan Geoheritage daerah Gunung Sewu, Kebumen dan Raja Ampat oleh Ir. Hanang Samodra M.Si; Metalogeni Halmahera Utara, Barat dan Tengah Maluku Utara oleh Ir. Harry Utoyo, M.Sc; Metalogeni dan Magmatisme Pulau Ambon dan Haruku, Maluku Utara, Indonesia Timur oleh Rum Yuniarni, ST; REE pada Granitoid Merah Muda dari Daerah Lagoi, P. Bintan oleh Ronaldo Irzon, ST., MT; Rekontruksi Magnetostratigrafi dalam Penentuan Umur Relatif Lapisan Fosil di Cekungan Soa oleh Dr. Dida Yurnaldi, ST; Stratigrafi Formasi Puren Dan Formasi Bapang Di Daerah Sangiran Dan Sekitarnya oleh Dr. Ruly Setiawan, MT; Pemetaan Geologi Kuarter Skala 1 : 50.000, Lembar Ketapang Lampung Selatan Dan Lembar Maringgai Lampung Timur oleh Ungkap M. Lumban Batu, M.Sc; Kegiatan Survei Endapan Laterit Di Wilayah Sulawesi-Tenggara oleh Ir. Baharuddin Grad, Dipl; Pengukuran Stratigrafi Di Pulau Sebatik Kaitannya Dengan Kandungan Hidrokarbon oleh Ir. Torkis Sihombing; Penelitian Cekungan Tarakan dengan Metode Magneto Telurik (MT) P.Tarakan Kalimantan Utara oleh Ir. Saultan Panjaitan; Geologi Cekungan Ampana Wilayah Sulawesi Tengah oleh Rahmat Yantono Saragih, ST; Assesmen Geosains Migas Cekungan Akimeugah, Mamberamo dan Obi Bacan oleh Rakhmat Fakhruddin, ST. MT; dan Karakteristik Gas Serpih (Shale Gas) dan Potensinya Di Cekungan Kutai dan Cekungan Akimeugah oleh Moh. Heri Hermiyanto Zajuli, ST. MT. dengan didampingi tujuh moderator yaitu Jamal, ST., M.Sc., Imam Setiadi, S.Si, M.T., Sukahar Eka ST., M.Sc., Suyono, ST., M.Sc., Akbar Cita, ST., M.Sc., Asep Kurnia Permana, ST., M.Sc. dan Edy Slameto, ST.,MT., M.Sc.

Kegiatan Kolokium Pusat Survei Geologi ini diharapkan dapat bermanfaat untuk menunjang pembangunan di sektor energi dan mitigasi bencana geologi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Editor: Akbar Cita , S.T., M.Sc.