Lokakarya : “ Integrasi Data Geosains dalam Menunjang Strategi Nasional untuk Eksplorasi Migas di Indonesia Timur ”

Screen_Shot_2012-11-12_at_3.05.09_PMIndonesia Timur menyimpan potensi migas yang sangat besar, dan merupakan cadangan devisa yang belum terukur besarannya. Indonesia Timur memiliki luasan area dan jumlah cekungan sedimen yang sebanding dengan Indonesia Barat tentunya memiliki potensi yang sama besarnya bahkan lebih besar. Faktor geosains memegang peranan penting dalam penemuan cadangan migas, oleh karena itu maka pemahaman geosains di Indonesia Timur melalui integrasi data yang sudah ada sangat bermanfaat untuk mendorong penemuan cadangan-cadangan baru dan pengembangan cekungan-cekungan migas yang sudah diketahui.

Road Map Migas mengemukakan Indonesia timur sebagai target utama untuk pengembangan. Dalam hal ini pemerintah melalui instansi-instansi terkait dan dimotori oleh Badan Geologi harus bertindak proaktif dalam mendorong kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pengambangan wilayah Indonesia Timur. Seminar ini merupakan salah satu upaya dari pemerintah untuk mengintegrasikan data-data migas Indonesia timur yang dimiliki oleh sektor pemerintahan, sektor swasta, dan sektor akademisi, maupun sektor praktisi. Dari seminar ini diharapkan dapat dihasilkan lebih dari pemahaman konsep geosains secara baik yaitu berupa adanya tindak lanjut yang sinergi antara masing-masing sektor yang terlibat di dalamnya. Pemahaman geosains merupakan sesuatu yang berkembang seiring dengan ketersediaan data, dan diharapkan dengan adanya seminar ini masing-masing sektor dapat saling melengkapi dan di kemudian hari bersinergi serta bekerja-sama dalam mengembangkan Indonesia Timur.

Tujuan:

  1. Mengemukakan dan mengintegrasikan data-data geosains migas di Indonesia Timur.
  2. Menjalin dan meningkatkan komunikasi antara sektor pemerintah, sektor swasta, serta akademisi dan praktisi dalam rangka optimalisasi energi nasional sehingga tercipta visi kebersamaan dalam mengelola dan mengoptimalkan potensi energi fosil di Indonesia timur.

Sasaran:

  1. Terwujudnya integrasi semua data GeoSain yang selalu up to date dan dapat diaplikasikan dalam kegiatan eksplorasi hidrokarbon.
  2. Teridentifikasinya dan terverifikasinya konsep – konsep geologi yang sesuai untuk strategi eksplorasi migas di wilayah Indonesia Timur.
  3. Terjalinnya kerja-sama dan koordinasi yang sinergi antara sektor pemerintah, sektor swasta, serta akademisi dan praktisi dalam hal pengelolaan data geosains migas di Indonesia timur.
  4. Terlaksananya kegiatan-kegiatan nyata yang dilakukan secara berkesinambungan oleh semua sektor dalam pengembangan migas di Indonesia Timur.
  5. Terwujudnya dukungan terhadap MP3EI (Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia).


Agenda Lokakarya dapat dibaca di sini.