Home

Potensi sumber daya tambang bukit batu – Palangkaraya dalam perencanaan wilayah Kota Palangkaraya

Diterbitkan pada tahun 2006 oleh Pusat Survei Geologi di Bandung.
Ditulis oleh Rimbaman

Kota palangkaraya merupakan ibu kota provinsi Kalimantan tengah yang mempunyai nilai sangat strategi sebagai penghubung beberapa ibu kota provinsi di kalimatan, mulai dari kalimatan barat ( Pontianak ) hingga kalimatan timur ( samarinda / balikpapan) dan kalimatn selatan ( banjarmasin).secara administrativ . kota palangkaraya menempayi wilayah kematan bukit batu, di sebelah utara batasi olehn kecamatan rakumpit, sebelah timur oleh kabupaten pulang pisau dan bagian barat oleh kabupaten katingan.

Secara geologi daerah kecamatan bukit batu dibentuk oleh batuan beumur tua hingga batuan berumur muda. Satuan batuan yang teramati di bukit batu, secara stratigrafi dapat di bedakan menjadi 4 (empat) satuan, yaitu satuan batuan granit,formasi dahor. Satuan aluviun dan gambut. Satuan batuan tertua batuan granit yang berumur kapur atas, tersingkap di kelurahan tangkring. Sumber daya tambang yang di jumpai di kecamata bukit batu berkatagori sumber mineral dan energy. Sumber daya mineral yang tersingkap berupa mineral logam emas (sekunder ) serta mineral non logam berupam pasir kursa. Lempung / kaolin dan zikron . sedangkan sumber daya energi yang di jumpai di wilayah ini berupa sembaran endapan gambut.

Dengan mempertimbang kan faktor – faktor geografis, sumber potensi sumber daya danj permasalahan kebijakan tata ruang wilayah kota dan kempampuan sosial-ekonomi-buday serta fisik lahan dan lingkungannya maka kemungkinan kawasan tambang di daerah kajian harus berpola perbedayaan ekonomi masyarakatdan kelestarian keseimbangan lingkungan .untuk itu guna mencapai pemenuhan pengembangan budaya sumber tambang menjadi bagian dari sektor unggulan kota palangkaraya maka pengembangan di kecamatan bukit batu di tetapkan 2 ( dua) katagori saja yaitu kawasan layak tambang dan kawasan tidak layak tambang

Potensi sumber daya tambang bukit batu – Palangkaraya dalam perencanaan wilayah Kota Palangkaraya
Subjek : Ore Deposits
Bahasa : Bahasa Indonesia
Format file : swf (Shockwave Format)
Jenis Dok. : Laporan
Katakunci : mineral resources - gold - granites