Home

Prospek Geologi Endapan Bauksit Di Kabupaten Bengkayang Dan Daerah Sekitarnya Propinsi Kalimantan Barat.

Diterbitkan pada tahun 2008 oleh Pusat Survei Geologi di Bandung.
Ditulis oleh Ir. Syukur

Bauksit adalah biji logam alumunium (Al) dan merupakan suatu koloid oksida Al dan Si yang mengandung air.

Secara geografis daerah Kalimantan Barat beriklim tropis. Pada daerah beriklim tropis ini, pelapukan batuan terjadi sangat kuat, yang memungkinkan terbentuknya mineral bauksit (Al2 O3) pada batuan yang kaya akan mineral feldspatik. Hal ini dikarenakan bauksit terbentuk oleh pengayaan (akumulasi residu) mineral Al2 O3 akibat pelapukan yang kuat dengan slope topografi tertentu.

Berdasarkan Peta Geologi Lembar Singkawang skala 1: 250.000 dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi terbitan tahun 1993 (Nana Suwarna), di daerah Kabupaten Bengkayang dan sekitarnya tersebar luas batuan yang kaya akan feldspatik dengan topografi perbukitan, yang mengalami pelapukan sangat kuat dan mempunyai kemungkinan untuk terjadinya bauksit.

Selama ini endapan bauksit yang diperhatikan orang hanya yang terdapat di Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Kendawangan, kemungkinan lain sebaran bauksit di Kabupaten Bengkayang dan sekitarnya berpotensi cukup besar.

Diharapkan untuk menyebarluaskan informasi mengenai prospek endapan bauksit di Kabupaten Bengkayang, khususnya kepada pengelola bahan galian industri agar dapat mengoptimalkan pemanfaatan bauksit di Indonesia.

 

Prospek Geologi Endapan Bauksit Di Kabupaten Bengkayang Dan    Daerah Sekitarnya Propinsi Kalimantan Barat.
Subjek : Ore Deposits
Bahasa : Bahasa Indonesia
Format file : swf (Shockwave Format)
Jenis Dok. : Laporan
Katakunci : bauxite - residual - enrichment