Home

Pemetaan Seismotektonik Lembar Lubuk Sikaping,Sumatera Barat

Diterbitkan pada tahun 2004 oleh Puslitbang Geologi di Bandung.
Ditulis oleh A. Soehami, Yayan Sopyan, I. Efendi, dan Tatang Padmawidjaya

Gempabumi Pasaman tanggal 8 Maret 1977 telah melanda wilayah Pasaman Barat. Pada peristiwa ini telah terjadi bencana dan resiko berupa kerusakan geologi,infrastruktur serta korban jiwa. Kondisi geologi dan tektonika yang penyebab terjadinya gempabumi dikawasan ini dikenal dengan perioda geotektonik Trias Akhir-Jura,Kapur-Awal Tersier,Tersier dan Kuarter. Setiap perioda geotektonik tersebut memberikan ciri yang dapat di kenal berdasarkan kajian geologi dan geofisikanya.

Kajian geologi memperlihatkan setiap perioda geotektonik dicirikan oleh adanya aktifitas magmatic dengan kesan sisa pusat erupsi gunungapi dengan tektonik kesan struktur geologi berarah umum baratlaut-tenggara dan barat-timur. Dari kajian geofisika, kesan struktur ini dapat terlihat dari analisis gradien gaya berat. Hasil penelitian geologi dan geofisika tersebut diatas, daerah ini dapat dibagi menjadi empat satuan seismotektonik yakni satuan seismotektonik Paleo Subduksi, satuan seismotektonik Kegunungapian, satuan seismotektonik Busur Cekungan dan satuan seismotektonik Patahan Aktif Sumatera.

Dinamika neotektonik dikontrol oleh dinamika neotektonik patahan aktif Sumatera yang dicirikan oleh dinamika neotektonik bentangalam (pergeseran lembah,sungai,endapan kipas dan mata air panas) dan kegunungapian (aktifitas gunungapi Pasaman). Hasil penelitian kinematika gerak patahan Sumatera pada aliran sungai Sumpur secara maksimum terukur antara 0.12-0.18 cm /tahun dan dinyatakan sebagai patahan aktif kelas A (Matsuda,1975).

Perpaduan data dasara geologi dan geofisika serta lingkungan dan infrastrukturnya, wilayah ini dapat di bagi atas empat wilayah kerentanan bencana/resiko gempabumi yakni sangat tinggi,tinggi,sedang dan rendah. Setiap wilayah kerentanan mempunyai karakter masing-masing dengan upaya mitigasi dan rekomendasinya.

Pemetaan Seismotektonik Lembar Lubuk Sikaping,Sumatera Barat
Subjek : Areal Geology - Maps
Bahasa : Bahasa Indonesia
Format file : swf (Shockwave Format)
Jenis Dok. : Laporan
Katakunci : earthquakes