Home

Kajian Bahaya Dan Resiko Gempabumi Daerah Manado Dan Sekitarnya, Sulawesi Utara

Diterbitkan pada tahun 2003 oleh Puslitbang Geologi di Bandung.
Ditulis oleh J. B. Januar H. Setiawan

Daerah Sulawesi utara memiliki kondisi geologi dan srtuktur geologi serta tatanan tektonik yang sangat rumit dan komplek. Akibat pengaruh gerak-gerak lempeng tektonik dari arah utara yang dicirikan oleh tunjaman parit Sulawesi utara dan gerakan-gerakan tektonik dari arah timur yaitu sesar Sangihe dan Tunjaman Molluca.

Selain factor tersebut diatas, perkembangan pembangunan di wilayah Sulawesi utara sangat pesat perkembangannya, khususnya di Manado ibu kota Propinsi Sulawesi utara. Perkembangan di sector industri pariwisata sangat menonjol perkembangannya terlihat dari pembangunan hotel bertaraf internasional yang di ikuti oleh sector industri lainnya.

Dengan kondisi geologi seperti yang telah diuraikan diatas, derah ini diperkirakan sangat rentah terhadap bencana geologi seperti gempabumi. Sementara dari sisi lain, proses pembagunan berjalan dengan pesat, konsekuensinya perkembangan jumlah penduduk menigkat , sehingga apabila terjadi benca alam geologi dapat menimbulkan kerugian harta benda dan korban jiwa yang cukup besar (resiko tinggi).

Berdasarkan kajian bahaya dan resiko gempabumi daerah telitian dibagi atas tiga daerah kerentanan bencana gempabumiyakni kerentanan bencana gempabumi tinggi, sedang dan rendah . Pola kerentanan bencana gempabummi di daerah telitian memiliki pola memanjang dengan arah relative utara-selatan.

Zona kerentananbencana gempabumi tinggi mencakup kurang lebih 20 % meliputi daerah Wori, Wenang, Malalayang, Pineleng, Tomohon, Sonder, Kawangkoan, Kakas, Langowandan Ratahan. Zona kerentanan bencana gempabumi sedang mencakup kurang lebih 40 % meiputi Amurang, Tanawangko, Tareran, Tombantu, Tatelu, Airmandidi,Tondano,Romboken,Bitung dan bitung selatan di P. Lembeh. Zona kerentanan gempabumi rendah mencakup kurang lebih 40 % melputi Timpaan, Ranoketangtua, Likupang, Kauditan hingga Kombi.

Kajian Bahaya Dan Resiko Gempabumi Daerah Manado Dan Sekitarnya, Sulawesi Utara
Subjek : Engineering Geology
Bahasa : Bahasa Indonesia
Format file : swf (Shockwave Format)
Jenis Dok. : Laporan
Katakunci : earthquakes - plate tectonics - structural geology